Sunday 20 September 2015

Nasi Goreng Olive (Olive Fried Rice)


Di Medan saya sudah mencoba nasi goreng olive ini di dua tempat di Restaurant Sawasdee di Jl. Multatuli (Thai Restauran) and di Ai Moka di Jl. S Parman. Ke duanya enak dan masing-masing mempunyai rasa khas. 

Mula-mula saya pikir nasi olive goreng olive ini berbahan utama black olive (Italian black olive) yang memang saya suka, ternyata olivenya adalah olive dari Cina dan lebih anehnya lagi ternyata kandungannya bukan olive saja melainkan vegetable olive atau campuran sayur sawi dan olive yang sudah diolah (preserved). Jumlah olivenya sendiri tidak banyak dibandingkan dengan sayurnya. Tapi inilah yang memberi rasa khas nasi goreng olive. Vegetable olive ini dapat dibeli di Pasar Sambas dan di Berastagi Supermarket hanyak saja kemasannya berbeda, tapi ada tulisannya jelas "Vegetable Olive"

Batasi penggunaan minyak goreng dan garam sewaktu memasak karena vegetable olive ini sudah mengandung banyak minyak dan garam.

Minggu lalu saya memasak untuk teman-teman, semua menyukainya. Untuk rasa pedas bisa ditambahi cabenya, untuk resep ini rasa cabenya sedang (menurut saya) dan jika ingin variasi lain bisa ditambah telur atau ayam cincang seperti yang di restauran, tapi saya menyukai tanpa tambahan lainnya karena rasa vegetable olivenya akan lebih terasa.


Bahan - Bahan / The Ingredients

1 Kg rice, cook and leave to cool (preferably overnight)
1 kg beras, dimasak dan biarkan dingin (sebaiknya nasi yang sudah menginap)

3 sdm penuh olive sayur
3 tbsp full  vegetable olive 

5 sdm udang manis (ebi), cuci bersih, tiriskan
5 tbsp dried  prawns, wash well and drain 

3 tbsp light soy sauce or to taste
3 sdm kecap asin atau secukupnya

Garam dan merica secukupnya
Salt and pepper to taste

Minyak goreng
Cooking oil

Vegetable olive

Bumbu A ( bumbu giling) / Ingredients A (the paste)

10 bawang merah
10 shallots

3 bawang putih
3 cloves garlic

3 - 5 cabe merah
3 - 5 red chilli


Bumbu B / Ingredients B

10 Bawang merah rajang
10 shallots, finely sliced

3 bawang putih cincang
3 clove garlic, finely chopped

2 bawang prei, rajang halus bagian bagian hijau maupun putihnya
2 leeks, finely slice both the green and white parts

15 - 20 cabe rawit atau secukupnya, rajang
15 - 20 birds eye chilli or to taste, sliced

Cara Memasak / Method

Goreng udang manis (ebi) dengan api sedang sampai kering, angkat dan sisihkan
In a wok fry the dried shrimp wit medium heat, until crispy, remove and set aside

Gunakan minyak yang sama untuk menumis. 
Use the same oil to saute

Tumis bumbu rajang (bahan B ) sebentar kemudian bumbu yang dihaluskan sampai harum, dilanjutkan dengan campuran olive,  aduk rata
First saute the ingredient B for a minute or so, follow with the paste (ingredient A) until fragrant, add in the vegetable olive and mix well

Masukkan nasi dan goreng sampai merata, rasakan garamnya, masukkan kecap asin (rasakan asinnya, bisa ditambahi atau dikurangi), aduk rata dan masak sampai nasi panas.
Now put the rice in and mix the well, taste the salt, add the light soy sauce accordingly (you can add or reduce the amount depend on the taste) keep stirring and continue cooking until the rice is hot.


Masukkan udang manis goreng kemudian langsung hidangkan selagi masih panas, karena udang akan menjadi lunak tidak renyah lagi..
Add in the dried prawns and serve immediately while its hot, as the dried shrimp will go soft and will turn chewy instead of crispy


2 comments:

  1. Mbak,saya mau tanya itu gambar di atas vegetable olive, yg di toples itu apa namanya? Rumput laut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vivian, itu isi dari jar nya, memang lebih banyak sayurnya timbang olivenya, maka didebut vegetable olive. Kalau saya rasakan kayaknya sih sawi asin.

      Delete