Sunday 3 January 2016

Soup Ayam (burung dara) a la Taipan (Taipan Style Chicken (pigeon) Soup)



Kalau saya ditanya makanan apa yang paling suka dari restaurant Taipan, itu adalah sup burung dara dan tahu Taipan. Sudah lama saya mencari resep untuk mencoba sup ini, google-google dan tanya-tanya teman, tapi tidak berhasil sampai satu hari kami belajar memasak dan teman saya Lina memasak daging kukus. Kemudian saya pikir wah ini tidak beda jauh dengue sup burung dara nya Taipan. Akhirnya saya coba di rumah. Tentu saja saya tidak bisa menemukan burung dara, jadi sebagai gantinya saya pakai daging dada ayam. Untuk water chesnutnya bisa dibeli kalengan di Berastagi Supermarket, kadang-kadang dijual segar juga.

Di Taipan wadah khas sup ini adalah bambu, karena tidak punya saya ganti wadah yang saya punya dan tahan panas.

Resepnya adalah terka-terka dan yes..... berhasil, walau tidak sama tapi mirip dan saya sudah cukup puas. Anak-anak akan menyukainya karena rasa gurih, ada kuah dan lembut.

Bahan / ingredients

250 gr ayam cincang halus atau ayam gulung
250 gr finely chopped or minced chicken

2 - 3 sdm water chestnut, cincang kasar.
2 - 3 tbsp  chestnut, roughly chopped

1 putih telur
1 egg white

1 sdt maizena
1 tsp corn starch

1 siung bawang putih, cincang halus
1 clove garlic, finely chopped

2 sdm kecap ikan
2 tbsp fish sauce

1 sdm kecap asin
1 tbsp light soy sauce

2 sdm shao xing rice wine atau dapat diganti dengan arak masak
2 tbsp shao xing rice wine or replace with dry sherry

1/2 sdt gula
1/2 tsp sugar

1/2 - 1 sdt minyak wijen (optional)
1/2 - 1 sdt sesame oil (optional)

garam dan merica secukupnya
salt and pepper to taste

500 ml kaldu ayam
500 ml chicken stock

Untuk hiasan / for garnish

daun bawang
spring onion or chives

Cara membuat  /  preparations

Aduk ayam dengan maizena dengan rata kemudian tambahkan putih telur aduk lagi.
Mix well the minced chicken with corn starch then follow with egg white

Campur dengan bahan lainnya kecuali kaldu, untuk merasakan garam, coba masak sedikit jika sudah cukup, bagi adonan menjadi 4
Mix with other ingredients except the chicken stock, to taste the seasoning, take a teaspoon and pan fry or boil.

Sementara itu didihkan air dalam kukusan.
Meanwhile in a steamer, bring the water to the boil


Masukkan campuran daging ayam dalam wadah tahan panas (kalau ada yang pakai tutu), tekan-tekan sedikit didasar wadah (cangkir)
Put chicken mixture in to the mould (preferably with the lid), slightly press to the bottom

Masukkan kaldu ke dalam wadah, kemudian kukus selama 30 menit
Now add the chicken stock and steam for 30 minutes.

Masukkan daun bawang dan segera hidangkan
Put the garnish and serve immediately.

No comments:

Post a Comment