Monday 22 September 2014

Baguette / Roti Batang



Baguette (baca : baget) adalah roti khas Perancis. Umumnya tekstur bagian luar baguette keras sedang bagian dalamnya lembut dan berongga, biasanya umurnya hanya sehari, hari berikutnya sudah keras dan liat. Hasil baguette yang saya buat tidak sama walaupun mirip. Baguette biasanya dimakan begitu saja sebagai teman makan sup, atau bisa dicelup dengan minyak zaitun dan balsamic vinegar, jika dipotong-potong dan diolesi butter dan bawang putih terus di grill (oven) jadilah garlic bread, bisa juga dipakai untuk bruschetta, dan juga bisa dibuat sandwich yang isinya bisa sesuai selera anda. Ukuran yang saya buat ini hampir sama panjang dengan  "Foot Long" nya Subway.


Bahan- bahan / Ingredients

Minyak, untuk mengoles (kalau ada minyak zaitun)
Olive oil, to grease

1 sdm gula 
1 tbsp sugar

1 sachet fermipan ( atau 11 gr )
1 sachet dried yeast or 11 gr 

450 gr tepung terigu protein tinggi (Cakra kembar)
450 gr bread flour

1 sdt garam
1 tsp salt

1 sdm minyak (kalau ada minyak zaitun)
1 tbsp olive oil

Cara membuat / Preparations

Campur air, gula dan yeast dalam wadah, biarkan selama 5 menit atau sampai berbuih
Combine water, sugar and yeast in a bowl, set aside for 5 minutes or until foaming

Sementara itu, sarong tepung dan garam, buat lubang ditengah, masukkan campuran yeast dan minyak. Gunakan sendok kayu aduk dari arah dalam keluar sampai tercampur, kemudian gunakan tangan untuk menguleni sampai berbentuk bola. Permukaan bola masih agak kasar.
Meanwhile, sift flour and salt. Make a well in centre and add yeast mixture and oil. Use a wooden spoon to stir until combine, then use your hands to knead until the dough form a ball. The surface of the dough ball is still rough


Dengan menggunakan kelima jari angkat adonan dan banting-banting sampai 60 kali atau sampai permukaan bola menjadi halus.
With five fingers, grab the dough and slam on worktop for 60 times or until the surface is smooth.

Sisihkan adonan selama 45 menit atau sampai mengembang dua kali lipat
Leave to dough to prove for 45 minutes, or until double the size

Adonan dapat dibagi tiga (atau ukuran yang anda inginkan) dan dibentuk bulat panjang dengan menggunakan kedua tangan menekan sambil menggulung dari arah dalam keluar. 
Divide the dough into 3 (or you can make the size you wish) and roll it with both palm of your hands from the middle outwards to shape a log.

Ukuran ini akan menghasilkan baguette berukurang panjang kira-kira 28 cm dengan diameter 6 - 7 cm setelah mengembang penuh
When the logs rise well  or fully developed they will make approximately 28 cm long and 6-7 cm diameter baguette

Sementara itu panaskan oven 200 C
Mean while preheat the oven 200 C


Alasi loyang dengan kertas roti dan siapkan ganjal (pilih apa yang ada disekitar kita, bisa botol bisa gilingan) agar bentuk baguette tetap bulat atau tidak melebar (ada dijual khusus untuk mendapatkan bentuk baguette yang bagus). Buat  goresan diatasnya dan sisihkan selama 30 menit atau sampai mengembang 2 kali lipat. Angkat ganjal perlahan dan masukkan ke dalam oven, masak selama 20 - 25 menit atau sampai kuning kecoklatan.
Line the tray with parchment paper and prepare some kind of divider (you can use bottle or rolling pin ) to maintain the shape of the baguette. Make some slits on top of the baguette with a knife and set aside for 30 minutes or until doubled in size. Remove the divider carefully and bake for 20 -25 minutes or until light brown.

Langkah di atas boleh diabaikan, hanya saja bentuk baguette agak melebar.
You may skip the step above, but you will have slightly flattened baguette.

Setelah baguette dingin sudah dapat digunakan. 
The baguette is ready.

Catatan / Note

Adonan dapat disimpan dalam kulkas sampai 1 minggu, sebelum digunakan sesuai keinginan. Biarkan diluar sampai sama dengan suhu ruang. Bentuk sesuai dengan ukuran yang diinginkan dan biarkan sampai mengembang penuh sebelum digunakan
You may keep the dough in the fridge for a week, before you use it. Leave the dough to room temperature and shape with the size of your choice, and leave to prove until double the size.

No comments:

Post a Comment