Monday 1 September 2014

Durian Pancake




Sejak ada Durian Ucok, durian dapat dibeli kapan saja di Medan, seperti tidak ada musim, tapi sejak bulan Agustus, durian benar-benar banjir. Dimana-mana tampak tumpukan durian dan dapat dibeli dengan harga yang lumayan rendah. Kesempatan baik untuk membuat pancake durian.

Selain bika ambon dan lapis legit, Medan juga terkenal dengan pancake duriannya. Pertama sekali saya merasakan pancake durian ini adalah restaurant Taipan, di Capital Building, walaupun saya tidak terlalu nge fans durian, saya rasa pancake durian yang paling enak adalah dari restauran ini. 

Yang membuat pancake durian ini berbeda dengan pancake lain adalah di kulitnya dan cara membungkusnya. Tidak seperti dadar gulung biasa, bagian luar adalah bagian halus dari kulit, cara membungkusnya juga berbeda, lebih sederhana. Umumnya kulit berwarna kuning ataupun hijau. Untuk mendapat warna yang bagus umumnya orang menggunakan pewarna, tapi saya cukup puas dengan warna kuning dari kuning telur dan warna hijau dari pandan.  Sedang isinya adalah daging durian dan krim. Sebaiknya digunakan non dairy cream karena tidak mudah meleleh seperti whip cream lainnya.

Sudah lama saya ingin membuat pancake durian, sudah cari resep dari google begitu juga sudah mencoba  resep teman dan saudara (pinginnya buat kulit pancake durian seperti yang di Taipan, kulitnya lembut dan kering tidak berminyak). Setelah mecoba beberapa resep akhirnya inilah yang saya pakai. Adonan ini memang encer, tujuannya supaya permukaan benar-benar halus. 

Tidak mudah membuat kulit yang perfect, coba-coba mengatur besar api hingga didapat panas yang diinginkan begitu juga banyaknya adonan, karena akan mempengaruhi ketebalan kulit. Cobalah beberapa kali sampai didapat kulit yang anda inginkan, setelah itu semuanya mudah.

Durian pancake ini dapat di simpan dan dibekukan. Keluarkan dari freezer beberapa waktu sebelum dihidangkan. Di Medan banyak yang menjual durian pancake beku salah satunya adalah Durian House, untuk dibawa sebagai oleh-oleh.


Bahan Kulit / The pancake

100 gr tepung roti 
100 gr all purpose flour

50 gr tepung gula
50 gr icing sugar

3 butir telur
3 eggs

400 ml air atau air pandan atau susu cair
400 ml water or pandan water or full cream milk

20 gr mentega, dilelehkan
20 gr butter or margarine, melted

1/2 sdm maizena
1/2 tbs corn starch

2 Durian ukuran sedang, ambil dagingya, haluskan dengan hand blender
2 Medium size durian, remove the stones, creamed with a hand blender

100 ml non dairy cream, kocok sampai kaku
100 ml non dairy cream, whisk until stiff


Cara membuat / Methode and preparation

Aduk semua bahan sampai menyatu dan tidak ada gumpalan atau kocok  dengan hand blender kemudian saring, agar didapat adonan yang halus.
Mix well all ingredients avoid any lumps or use hand blender, then pass though a strainer again this is to make a sure a smooth batter

Panaskan wajan teflon (ukuran 20 cm) yang telah dioles dengan sedikit minyak, dengan api kecil
Lightly wipe a nonstick pan ( 20 cm) with oil and put over low heat

Masukkan 1 sendok makan saji atau kira-kira 50 ml atau sesuai dengan ukurang yang anda inginkan
Put one small ladle full of the batter or approximately 50 ml or the size of your choice.

Masak semua adonan sampai habis dan biarkan dingin
Repeat the process until the batter is finish, set aside to cool


Letakkan 1 sendok teh krim di atas bagian kulit yang kasar, kemudian letakkan 1 sendok makan daging durian yang telah diblender diatasnya.
Put (spread a little bit) one tea spoon whipped cream on the middle of the skin (on the rough part), then add one tablespoon full of durian on top.



Bungkus isi, lihat gambar…
Wrap the filling, see the picture….


Siap disajikan, atau dapat disimpan dalam kulkas selamat 3 hari.
Ready to serve, or will keep in the fridge for 3 days.







1 comment: