Saturday 26 July 2014

Palmiers / Biskuit Palem Renyah


Walaupun biskuit ini aslinya dari Perancis, tapi mudah kita jumpai di Supermarket dimana-mana di Indonesia. Dulu ini adalah biskuit favorit saya sewaktu anak-anak. Rasa butter, manis dan gurihnya masih terkenang-kenang, apalagi beberapa bulan lalu saya diberi oleh-oleh Palmiers dari sana.....yum yum. Jadinya kepingin buat sendiri.

Setelah searching dan membandingkan beberapa resep di internet (ternyata tidak sulit), akhirnya diputuskan untuk mencoba resepnya di christinesrecipe, dengan sedikit modifikasi dan hasilnya sangat memuaskan, terbukti dengan seisi rumah menyukainya.....

Palmiers seharusnya dibuat dengan puff pastry yang hanya menggunakan butter sebagai bahan utamanya, karena memang rasa utama dari palmiers adalah butter. Sudah keliling beberapa Supermarket mencari "all butter puff pastry" tidak berhasil, hampir semuanya menggunakan margarine dan vegetable oil, sedangkan untuk membuat puff pastry sendiri beberapa kali belum juga berhasil, akhirnya disiasati dengan mengoleskan butter yang dilelehkan beberapa kali. Cara ini sangat meningkatkan rasa, aroma dan tampilan, terutama olesan terakhir yaitu campuran madu dan butter. Jika ingin menambah jumlah gula dan butter silahkan, karena resep ini tidak terlalu manis.

Biskuit ini enak dihidangkan sebagai teman minum kopi dan teh gunakan ukuran seperti yang saya buat, tetapi jika untuk hidangan Hari Raya atau Natal, mungkin lebih baik dibuat agak kecil.

Jika anda tinggal di Medan, puff pastry dapat di beli di Berastagi Supermarket dan Mr. Ben. 


Bahan - Bahan / Ingredients

1 bungkus puff pastry siap pakai
1 ready made puff pastry 

4 - 5 sdm gula kastor (kalau tidak ada gunakan gula putih yang agak halus)
4 - 5 tbsp caster sugar

20 gr mentega dilelehkan
20 gr melted butter

1/2 sdt kayu manis bubuk (optional)
1/2 tsp cinnamon powder (optional

1 sdm madu
1 tbsp runny honey

Cara membuat / Method

Saring atau tabur 2 - 2.5 sdm gula diatas meja kerja, letakkan puff pastry di atasnya dan giling sedikit agar gula melekat.
Sift or sprinkle about half of the sugar over your workstation, put the pastry on top and roll out gently to make the sugar adhere. 


Oleskan mentega di atas pastry kemudian taburkan sisa gula bersama kayu manis bubuk 
 Brush melted butter on pastry then sprinkle the rest of the sugar and cinnamon powder over the pastry.


Lipat bagian memanjang sebelah kanan dan kiri dan kanan kira-kira 1/4 bagian. Lipat lagi keduanya sampai bertemu ditengah dan bersentuhan (rapat), tekan lagi sedikit di kedua sisi. Dengan menggunakan kertas pembungkus istirahatkan pastry  dalam kulkas sekurangnya 30 menit.
Fold up the left and right vertical side inward,  at about 1/4 of the pastry. Fold both sides that meet at the center and touch with each other, press the two sides together gently. Using the same wrapping paper, chill the pastry  for at least 30 minutes in the fridge. 


Panaskan oven 200 C atau jika oven menggunakan kipas 180 C
Preheat oven at 200 C or 180 C with fan mode.

Keluarkan pastry dari kulkas, olesi dengan mentega cair kedua sisinya dan potong setebal 1 cm 
Take the pastry out of the fridge, brush melted butter onto each side and cut into 1 cm thick strips.

Letakkan diatas loyang yang dialasi kertas roti (atau pakai loyang non stick). Beri jarak yang cukup diantaranya (biskuit ini akan mengembang selama dipanggang), tekan sedikit bagian atas dan buka sedikit bagian bawah masing-masing biskuit untuk mendapatkan bentuk yang bagus (lihat gambar). Olesi lagi dengan mentega cair.
Place on baking tray lined with parchment  paper (or use non stick one tray). Leave enough gap between each one ( they will expand during baking), press the top side and open up the lower side slightly of each rolls to produce a good shape ( see pictures). Again brush with melted butter.



Letakan loyang dibagian tengah oven. Kalau anda mempunyai oven dengan mode kipas, sebaiknya gunakan mode ini karena warna biskuit akan lebih seragam.
Put the baking tray in the middle of the oven. If you have fan forced mode oven, it is better to use it as the colour will be more even.

Campur madu dengan sisa mentega 
Mix well honey and the rest of the melted butter


Panggang selama 20 - 25 menit ( balikkan setelah setengah jalan) sampai berwarna kecoklatan. Olesi masing-masing biskuit dengan campuran madu dan mentega. Dinginkan beberapa menit, sebelum disajikan.

Bake for about 20-25 minutes (turning half way), until golden brown. Brush each palmiers with honey mixture Allow them to cool before serving.

No comments:

Post a Comment