Saturday 11 August 2012

Kwe Tiau Kerang ( Seafood Rice Noodle )





Kwe Tiauw Kerang

Kwe Tiauw sangat populer di Medan, dihidangkan untuk sarapan, makan siang maupun malam… Kwe tiauw kerang adalah yang paling disukai diantara yang lainnya. Kwe Tiauw kerang yang paling enak (menurut saya) adalah yang di Jl. S. Parman dengan nama restoran yang sama "Kwe Tiauw Kerang". Salah seorang teman merekomendasikan tempat ini.
Sebenarnya ada beberapa restaurant kwe tiauw kerang di jalan ini diantaranya adalah kwe tiau Ateng….., begitu populernya sampai membuka cabang di Jakarta.
Resep saya ini sangat enak hanya saja tidak ada aroma "the breath of wok", yaitu aroma yang keluar ketika memasak dengan wajan yang sangat panas seperti yang di restauran. Aroma Inilah yang menjadi ciri khas kebanyakan mie yang dibeli.
Sudah saya coba menunggu wajan sangat panas (sampai berasap) sebelum memasukkan minyak….. tetapi karena intensitas panas kompor rumah tidak sepanas kompor industrial (seperti yang di restauran) sulit mendapatkan "breath of wok"….
Saya menggunakan minyak bebek karena memberi aroma yang lebih kaya dibandingkan dengan minyak goreng biasa, bisa juga diganti dengan minyak ayam….. Lemak hewan memberi rasa maksimum, tetapi silahkan saja menggunakan minyak goreng biasa….

Bahan 

500 gr kwetiau
5 siung bawang putih, memarkan kemudian dicincang kasar
1/2 sdt Merica bubuk
2 Sdm kecap asin
1 Sdm kecap kental
1 Sdm saus tiram
2 telur Bebek
4 cabe merah keriting, giling halus
100 gr tauge
200 gr Kerang yang telah di kupas
200 gr Udang, kupas dan belah tengah 
150 gr bakso ikan, potong 4
150 ml air
4 sdm minyak ( minyak ayam atau Bebek lebih harum )
1 sdt Garam atau sesuai selera

Memasak

Panaskan kompor dengan api yang sangat tinggi, sampai wajan berasap
Masukkan minyak, setelah panas tambahkan bawang putih, tumis sampai harum dan kekuningan
Masukkan udangdan bakso ikan aduk sebentar lalu  telur bebek, aduk-aduk
Tambahkan kerang kupas dan cabe giling aduk sebentar lalu masukkan air, kecap asin, kecap kental, dan saus tiram.
Tambahkan air dan tauge dan garam, aduk lagi sebentar…., api masih panas
Terakhir masukkan kwe tiauw aduk terus sampai kwe tiauw matang atau berubah menjadi transparan
Setelah masak langsung hidangkan panas-panas dengan sambal cabe hijau…. yummm..yummmm




2 comments:

  1. Mbak Luluk, numpang tanya lagi hehe... Minyak bebek bagaimana cara mendapatkannya ya? Sy br dengar, pengen banget cobain. Trus kecap kental itu kecap manis bukan? Klau menggunakan home made kwetiau yg mbak posting, kwetiau langsung dimasak kah, tdk perlu diseduh atau bagaimana? Thanks sebelumnya ya mbak

    ReplyDelete
  2. Membuat minyak bebek sama dengan minyak ayam. Potong kulit bebek atau ayam kecil-kecil, beri sedikit garam dan beri 2 sdm minyak goreng atau sesuai selera, goreng dengan api kecil sampai kulit mengering (supaya lebih harum bisa ditambah 1 siung bawang putih tidak dikupas). Jaga jangan sampai gosong. Sisihkan kulitnya dan minyak sudah bisa digunakan untuk memasak atau bisa juga disimpan dalam kulkas.

    Home made kwetiau, bisa langsung digunakan tidak perlu dimasak lagi.

    Kecap kental bukan kecap manis, tetapi seperti kecap asin yang lebih pekat. Tapi bisa juga gunakan kecap manis hanya jangan banyak-banyak menggunakannya.

    ReplyDelete