Thursday 7 May 2015

Membuat Mie Laksa ( Homemade Laksa Noodles )




Tidak mudah untuk mendapat mie laksa di Medan, karena tidak banyak dijumpai di pasar umumnya, sejauh ini hanya bisa saya dapatkan di pasar jl. Beruang. Sebenarnya kalau ingin membuat laksa yang simpel, dipat digunakan mie hun saja, tapi kalau ada waktu boleh juga dicoba resep ini yang juga saya dapat dari internet. 

Resep ini mudah dibuat dan cepat, tapi kalau menyukai tekstur mie laksa yang lebih kenyal tambahi jumlah tepung kanji dan kurangi tepung berasnya pada campuran adonannya.

Untuk ukuran mie laksa yang besar dapat digunakan cetakan kue (pilih lempeng yang berlubang rata) atau kalau mau berukuran kecil dapat digunakan potato ricer. Cetakan kue sempritnya saya beli di Toko Lena, di Pasar Pringgan dan potato ricer nya dapat dibeli di Ace Hardware. Selamat mencoba.

If you want to make laksa and you can not find the noodle, the simples way is replacing it with rice noodle that is available almost every where in Indonesia, but if you want to make the more authentic laksa noodle, you can try this recipe (I found in internet with a slight adaptation) that is quite simple. 


Untuk biang / for the starch

70 gr tepung kanji
70 gr tapioca flour

50 ml air
50 ml water

150 ml air mendidih
150 ml boiling water

Untuk adonan  / For the dough 

300 gr tepung beras
300 gr rice flour

80 gr tepung kanji
80 gr tapioca flour

1 sdt garam
1 tsp salt

150 ml air mendidih
150 ml boiling water


Cara Membuat biang / Preparation to make the starch

Aduk rata tepung kanji dan air dalam mangkok. Masukkan air mendidih (benar-benar mendidih), aduk sampai mengental dan berwarna agak bening, sisihkan


Mix well tapioca flour and water in a bowl. Pour in boiling water (really boiling), stir until starch is formed and looks transparent. Set aside.



Cara membuat adonan / praparation to make the dough

Aduk rata tepung dan garam, masukkan adonan biang aduk lagi. Masukkan air panas sedikit demi sedikit sampai menjadi bola dan uleni sebentar. Sisihkan

Mix well all flour and salt. Add in the starch and continue mixing, add the hot water a little at a time until the dough is formed and continue kneading for a short time. Set aside.

Cara membuat mie laksa / making the laksa noodle

Didihkan air dalam panci
Bring the water to a boil


Ambil sedikit adonan dan masukkan ke dalam cetakan. Tekan sampai adonan keluar di atas air mendidih. Jika sudah mengapung segera angkat dengan saringan, celup dalam air dingin, tiriskan sebentar dan letakkan di atas kain agar tidak melekat.

Take a portion of the the dough and place it into the mould. Press directly on the boiling water. Once the noodle float, remove off the water with a strainer and dip into cold water, drained well and place it on a cloth to stop it sticking.



7 comments:

  1. Kalo resep cendol joserizal ada Bu Luluk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sunshine, ntar saya coba buat di rumah dulu, kalau sudah mantap saya posting ya....

      Delete
  2. Hi...kak luluk
    Udah lama nggak posting....
    Tp, sekali posting resepnya makanan kesukaan sy...
    Waah...keren habis...


    Aisyah-palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Aisyah, sang penyemangat..... hehehe, iya sudah lama gak posting. Xtra sibuk (gak jelas juga pekerjaannya hahhaha) belakangan ini. Sebenarnya sudah banyak di draft, tinggal menyempurnakan saja sebelum diposting. Stay tune...

      Delete
  3. Makasiiiih mba udah sharing resepnya....pingin coba juga versi mie yang pake kanji. Baru tau ternyata bisa juga pakai cetakan semprit kue ^^

    ReplyDelete
  4. Laksa yoserizal 😍😍..keren dan mantap,mba 👍👏..kelietannya susah nih bikin laksa..salut banget ama mba,kreatif dan tetep inovatip..tenkiu uda sharing,mba 😊

    ReplyDelete
  5. trimakasih buat sharingnya...bisa dicoba ini :)

    ReplyDelete