Monday 13 October 2014

Ci Cong Fan Medan / Medan Style Chee Cheong Fun / Steamed Rice Rolls



Sudah beberapa kali saya mencoba resep untuk membuat cheong fan akhirnya mendapat hasil yang memuaskan setelah mencoba resep Chef Wo, yang telah saya modifikasi. Hasilnya lumayan bagus, tetapi tidak seputih seperti yang di Medan (mungkin tepung beras yang saya pakai tidak cukup putih) jadi saya berekperimen dengan menggantikan jumlah tepung tang mien nya lebih banyak dari tepung beras, hasilnya sangat memuaskan, warnanya lebih putih, jernih dan lebih flexibel. 

Dalam resep ini saya menggunakan minyak bawang sebagai ganti minyak goreng biasa dan memang membuat rasa cong fan sangat harum dan gurih. Minyak bawang yang digunakan adalah minyak goreng bekas menggoreng bawang goreng yang saya sisihkan.

Saya menyukai cong fan yang tipis, tapi jika anda menyukai yang lebih tebal, cobalah mengatur jumlah air  yang digunakan begitu juga banyaknya adonan yang dimasukkan dalam loyang. Cobalah beberapa kali sampai mendapatkan ketebalan yang diinginkan. Sebaiknya menggunakan loyang yang anti lengket. Cong fan akan mudah dilepas dari loyang jika loyang sudah agak dingin, jadi sebaiknya gunakan dua loyang. Satu untuk mengukus sedangkan loyang satunya menunggu cong fan dingin. 

Membuat cong fan tidak sesulit yang saya kira sebelumnya, mungkin tidak sama persis dengan yang dijual, tapi sudah cukup mendekati teksturnya, tapi tidak kalah rasanya. Resep ini juga bisa digunakan sebagai kwe tiau.


I love to eat this cheong fun (rolled rice noodle), and I always wanted to be able to make it. I did try to make it but no success, until I found this recipe Chef Wo. After trying the recipe I found the colour of cheong fun isn't as white as the one we always find in Medan, may be its the colour of the rice flour I used. I experiment with using more wheat starch than rice flour, and voila I got what I wanted, whiter colour and more flexible. The taste is not much different only the texture.  In my recipe I use fried shallots oil that really improve the taste of the cheong fun.

The thickness of cheong fun can be adjust by the amount of water and the amount of batter you put in the tray. I prefer thinner and less chewy one, so I make it quite runny (as my recipe) and just enough batter to cover the tray. After trying a couple of time or so, you well get the thickness you wanted. 

If you can find a non stick tray, it'll be easier other wise just use a heat proof tray like pyrex. It is recommended to use to tray as it is easier to peel of the cheong fan when the tray is cooler.

Medan style cheong fun is served differently, we use a lot of chilli sauce and fried shallots, and thats what made it.


Bahan - Bahan /  Ingredients

Resep 1 / Recipe 1

280 ml air
280 ml water

70 gr tepung beras
70 gr rice flour 

1 sdm tepung tang mien (wheat starch)
1 tbsp wheat starch (tung mien fun)

1 sdm maizena
1 tbsp corn flour

1/2 sdt garam
1/2 tsp salt

2 sdm minyak bawang (atau minyak goreng)
2 tbsp shallots oil (or vegetable oil)

daun bawang, potong-potong 0.5 cm
spring onion, cut about 0.5 cm long

ebi, siram air mendidih kemudian saring sampai kering.
dried shrimps, blanched in boiled water and drained well

Resep 2 /  Recipe 2


280 ml air
280 ml water

25 gr (1 sdm) tepung beras
25 gr (1 tbsp) rice flour 

70 gr tepung tang mien (wheat starch)
70 gr wheat starch (tung mien fun)

25 gr (1 sdm) maizena
25 gr (1 tbsp)corn flour

1/2 sdt garam
1/2 tsp salt

2 sdm minyak bawang (atau minyak goreng)
2 tbsp shallots oil (or vegetable oil)

daun bawang, potong-potong 0.5 cm
spring onion, cut about 0.5 cm long

ebi, siram air mendidih kemudian saring sampai kering.
dried shrimps, blanched in boiled water and drained well


Pelengkap / condiments

2 sdm wijen, sangrai
2 tbsp sesame, roasted

Saus cabe, bisa gunakan resep sambal Aceh yang diencerkan
Chilli sauce, use Aceh style chilli sauce recipe and dilute with water

Kecap asin yang diencerkan dengan sedikit air
Light soy sauce, diluted with a little waters

Bawang goreng
Onion flakes



Cara membuat  /  Preparations

Campur semua tepung dan garam dalam mangkok, tambahkan minyak dan aduk sampai benar-benar rata. Langkah ini agar minyak benar-benar terserap tepung.
Put all flour and salt in a bowl, add the oil and mix well. This is step to allow the flour to absorb the oil.

Masukkan air sedikit demi sedikit sambil diaduk, sampai semua air habis
Add the water gradually and constantly stir, until all water finish


Didihkan air dalam kukusan
Prepare the steamer and bring the water to a boil

Olesi loyang dengan minyak, gunakan yang tahan panas seperti pyrex dan jika ada yang anti lengket
Grease the tray with oil, use heat proof tray, or pyrex and non stick if possible.

Masukkan 1 atau dua sendok adonan ke loyang, tergantung ketebalan yang anda inginkan.
Put 1 or two spoons (ladle) batter in the tray, depend on the thickness you prefer.

Taburkan ebi dan daun bawang.
Sprinkle the dried prawns and spring onions

Kukus sampai berubah warna dan mulai timbul gelembung kecil, kira-kira 4-5 menit
Steam until the colour turns transparent and small bubbles appear, it will take 4 - 5 minutes


Angkat dari kukusan (oleskan sedikit minyak dipermukaan, jika perlu) dan tunggu sampai agak dingin sebelum, melepaskan chung fun dari loyang.
Remove the tray from steamer ( brush the surface with a little oil, if necessary), wait to cool slightly before peeling the noodles sheet off the tray.



Gulung atau lipat sisihkan. Selalu tutupi agar tidak kering
Roll or fold the cheong fun. Alway cover to avoid getting dry.


Cara menghidangkan, potong-potong dan siram saus cabe dan bawang goreng.
How to serve, cut the cheong fun and drizzle some chilli sauce and fried shallots (Medan way)

8 comments:

  1. Kak luluk, tepung tang mien bs diganti dgn tepung kanji/sagu nggak? Btw, kak klu ada resep buat sosis homemade yg sehat tanpa zat additive di share y....eh klu ada jg bandeng presto..^_^
    Habis aq dah percaya banget sm blog kakak...resepnya yg udah dicoba berhasil....aq jd seneng banget kak, temen2 pada tanya2 resepnya...xixi...thanks y kak udah bantu aq :) ditunggu terus posting an terbaru......

    Aisyah-palembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Aisyah, wah senang sekali Aisyah berhasil mempraktekkan resep2 di blog ini, memang kebanyakan resep2 ini saya praktekkan sendiri atau teman tapi saya hadir disitu. Ya, tepung tang mien bisa diganti dengan kanji (untuk resep 1), bahkan perbandingannya bisa dinaikkan. Kalau suka tekstur cong fan yang agak kenyal naikkanlah jumlah kanjinya (dengan total berat tepung sama). Oh ya supaya lebih enak rasa cong fan nya gunakan minyak bawang . Selamat mencoba.

      Delete
  2. mbak luluk, mama saya pernah coba buat ini tapi dari resep yang di dapet dr youtube, hasilnya ga bisa lentur malah patah, teksturnya kayak kue naga sari. hahaha mungkin salah step ato ada yg kurang kayaknya. Yang resepnya mbak luluk ni blom di coba, oh ya mbak, kalo ga pake kukusan bisa ga? jadi kmrn itu kita pake teflon trus di olesin minyak

    ReplyDelete
  3. Hi Yanti, resep yang ini juga saya dapat dari internet tapi saya modifikasi dan hasilnya sangat memuaskan untuk ukuran amatir hehehe. Saya juga pernah soba pakai teflon tapi hasilnya tidak sebagus dengan kukusan. Selamat mencoba dan beri kabar hasilnya ya....

    ReplyDelete
  4. Sis,tu resep cingcongfan nya knapa musti dibuat 2 kali y?berarti musti berllapis" kita lapisin y cingcongfan nya?thanks infonya bermanfaat bgt.slnya disibolga kota gak ada yg jual sis.untung ada resep sis.jd bisa buat dech.thanks ditunggu postingan yg baru y.

    ReplyDelete
  5. Saya mencoba 2 resep (tertulis diatas) keduanya bagus hasilnya. Feni bisa pilih salah satu yang disukai saja. Selamat mencoba.

    ReplyDelete
  6. Sis,sy cb buat diloyang teflon.kok susah y buat rata n tipis hasilnya.slalu berantakan hasil buatan w sis.:-( tolong solusinya bagamana biar rata waktu dikukus.thanks

    ReplyDelete
  7. Saya juga punya pengalaman yang sama. Saya mendapat tips cara membuat cong fan yang rata dari link how to make fresh rice noodles: https://www.youtube.com/watch?v=qPeNRcmbPoI
    Resepnya berbeda dengan saya, tapi cara membuat nya sama, kalau mau tipis lagi, coba tambahi air sampai mendapat konsistensi yang diinginkan. Coba latihan beberapa kali dulu, lama-lama akan terbiasa. Selamat mencoba.

    ReplyDelete