Thursday, 19 December 2013

Bolu Gulung a la Meranti Medan ( Medan Swiss Roll )


Selain bika ambon, Medan juga popular dengan bolu gulungnya, terutama Bolu Gulung Meranti yang terletak di Jalan Meranti. Banyak jenis isi bolu meranti ada blue berry, strawberry, keju, mocca dll demikian juga dengan ukuran gulungannya ada yang kecil dan ada yang standard. 

Sudah lama mencari resep bolu gulung alias swiss roll yang rasanya mirip dengan Bolu Gulung Meranti ini, akhirnya dapat dari seorang teman dan kami membuatnya bersama-sama. Hasilnya sangat bagus, cakenya lembut, moist dan enak sekali. Kebanyakan resep bolu gulung harus digulung selagi panas agar tidak retak, tetapi resep ini bisa ditunggu hingga dingin ( hangat) sebelum digulung. Kami membuat dengan isi blue berry, silahkan membuat dengan isi pilihan anda.

Sebenarnya adonan ini dapat digunakan sebagai adonan dasar lapis Surabaya, tinggal membuat tiga porsi. Silahkan mencoba.


Bahan - bahan / Ingredients

8 butir kuing telur
8 egg yolks

2 butir telur
2 eggs

100 gr gula
100 gr sugar

1 sdt tbm
1 tsp emulsifier

50 gr terigu protein sedang (segitiga biru)
50 gr all purpose flour

100 gr margarin / butter,  cairkan
100 gr margarine / butter, melted

1 sdt pasta mocca
1 tsp mocha paste

Blue berry jam untuk isi
Blue berry jam for the filling


Cara membuat  /  preparations

Panaskan oven 180 C
Preheat the oven 180 C

Lapisi loyang dengan kertas minyak kemudian olesi dengan mentega, begitu juga bagian pinggir loyang
Line the swiss roll oven tray with parchment paper and grease with butter, as well as the sides

Kocok telur, gula dan tbm sampai putih dan mengembang (gunakan kocokan kecepatan tinggi)
Beat the eggs, sugar and cake emulsifier until pale and fluffy (use high speed)

Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan kecepatan rendah, sampai tercampur
Add in the flour gradually, lower the speed until well incorporated

Masukkan mentega cair sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah, sampai tercampur rata.
Add the melted butter gradually, still with low speed until well incorporated.

Ambil 8-10 sdm penuh adonan letakkan kedalam mangkok lain, aduk dengan pasta mocca sampai rata, sisihkan
Put 8-10 tbsp full of the batter in separate bowl, mix well with the mocha paste, set aside


Masukkan sisa adonan ke dalam loyang bolu gulung, ratakan…, banting  dengan cara mengangkat dan lepaskan beberapa kali supaya permukaan rata dan menghilangkan gelembung besar.
Spread evenly the rest of the batter in swiss roll tray, tap a few time to release the air bubbles

Letakkan adonan mocca secara diagonal menjadi  7 baris kemudian guanakan garpu untuk membuat garis 
diagonal berlawanan arahkan ke atas dan ke bawah.
Put the mocha mixture diagonally in 7 lines then cut across by using a fork, up and down wards

Masukkan ke oven selama 20 menit atau sampai kuning kecoklatan
Bake for 20 minutes or until golden and ready


Keluarkan dari oven, biarkan dingin selama 10 menit, sementara itu siapkan cling film (plastik gulung) yang dilekatkan dibelakang talam atau meja
Remove from the oven, leave to cool for 10 minutes, meanwhile spread cling film on the back of a tray of table top

Keluarkan bolu dengan membalikkan diatas cling film (plastik gulung). Lepas kertas minyak dan olesi dengan jam atau isi pilihan anda.
Remove the cake by turning the tray up side down on cling film. Peel off the parchment paper then spread the jam of your choice over the cake


Gulung bolu dengan menggunakan cling film, biarkan cling film agar bolu tetap lembab dan bentuk ketat.
Roll the cake by lifting the cling film, and leave it on to tightened up the rolled and keep the cake moist


Potong dan hidangkan
Cut and serve


63 comments:

  1. manis x tampilannya ci.. jd ngiler deh, sy suka makannya tapi membuatnya masih try n error mulu.. semoga resep dr cici bs berhasil.. semangaaattttt...

    ReplyDelete
  2. Yang ini bagus resepnya mbak Ony, yang penting ngocok adonannya sampai putih…., mudah-mudahan jadi. Selamat mencoba...

    ReplyDelete
  3. mantap ....lihat resep masakan mbak luluk , jadi kangen sama masakan medan plus kampung halaman ...thank u resepnya mbak bisa melepas kangen masakan medan

    ReplyDelete
  4. sukses mbak luluk.. 2 hari 6 loyang habis dipesan temen2 saya. moist banget roll cake nya. top deh mbak..makasi ya resepnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ikut senang mbak....., terus berkarya.

      Delete
  5. Hi mbak,
    klo misal nga pake tbm, bisa jadi nga?
    Fungsi tbm itu apa yah?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja kue akan jadi tapi hasilnya tidak selembut jika menggunakan TBM. TBM adalah emulsifier yang fungsinya untuk melembutkan dan menstabilkan adonan kue. Untuk lebih jelas bisa dilihat di 2 link berikut ini fungsi-fungsi bahan kue. http://dapuryelia.wordpress.com/kamus-bahan-kue/ atau http://budiboga.blogspot.com/2011/07/mengenal-fungsi-kegunaan-bahan-kue.html. Selamat mencoba.

      Delete
  6. Mau tanya ini mbak pakai loyang ukuran berapa ya? Soalny di rumah saya ada ukuran 18x18x4 jadi saya pikir harus reduce adonannya. Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya memakai loyang ukuran 25 x 30 x 3, tapi saya kira bisa juga pakai ukuran 28 x 35 x 3 hanya agak tipis sedikit. Selamat mencoba.

      Delete
  7. mbak saya baca cara buat nya, mentega cairnya koq ngk dimasukkan ya?
    mentega nya dimasukkan setelah tepung atau sebelum tepung ya?
    mohon info nya karna saya sangat tertarik dg resep mbak
    thanks banget loh atas resep ini

    ReplyDelete
  8. Wah iya..., kok belum saya tulis ya, ok akan saya update. Masukkan mentega cair setelah tepung tercampur rata, aduk lagi sebentar sampai mentega tercampur rata juga, matikan mixer. Adonan siap digunakan. Thanks koreksinya mbak.

    ReplyDelete
  9. Siang Mba Luluk, saya mau bertanya kalau saya gunakan loyang 20x20x4cm menggunakan 1/2 resep apakah bisa menghasilkan bolu ukuran standard?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore Mbak, saya belum coba dengan jumlah resep dan ukuran loyang seperti itu, tapi mungkin bolunya agak tipis..... Dicoba aja mbak, nanti hasilnya bisa di-share ke kita. Terima kasih.

      Delete
    2. Sore mba saya ud cb nih...mmg hslnya empuk ya bolunya dan lembut. Cm sptnya aku salah tato di tray kedua plg atas jd kulitnya hmpr kering pas digulung timbul pecahan tp untung ga parah hihihii...trs gmn ya tips spy matangya merata? Td sih ud tusuk lidi kering cm pas dipotong ad beda antara plg atas dgn tengah kebawah. Terima kasin

      Delete
    3. Mba mo tny pemakaian kertas minyak itu sbnrny disekeliling loyang juga atau cm didasar loyang saja baiknya? Trima kasih ^^

      Delete
    4. Hi Anita, bolu gulung sebenarnya adalah cake yang tipis jadi seharusnya matangnya merata, kemungkinan panas oven tidak merata, dan coba dicek dengan termometer oven , temperatur ovennya apakah sesuai, karena jika terlalu panas kue bisa kering dan masak tidak merata.

      Kertas minyak hanya dibagian dasar saja. Semoga jawaban ini membantu.

      Delete
  10. Mba, pake gula halus atau gula pasir yah? Makasih utk resepnya ya mba..

    ReplyDelete
  11. Saya pakai gula pasir mbak....

    ReplyDelete
  12. mbak... itu bener terigunya cuma 50gr?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, memang cuma sedikit tepungnya....

      Delete
  13. Mbak Luluk, saya udah mencoba, hasilnya lembut sekali. Saya mengunakan 2 buah loyang 24x18x3 cm, untuk lemaknya saya mix, 50% margarin dan 50% butter, wah.. rasanya mirip bogul premium :). Terimakasih mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Naila, wah ikut senang mbak....., ternyata resep bu Cathrine ini memang bagus, apalagi paka 50% butter pasti rasa dan aromanya makin mantap.

      Delete
  14. Mbak Luluk, resep2 nya mantap banget. Saya bikin bolu meranti enak banget tapi sayang waktu digulung agak retak en kulitnya lengket

    ReplyDelete
  15. Hi, seharusnya dengan resep dan cara ini tidak retak dan tidak lengket, apakah adik menggunakan plastik (cling film) karena disitulah rahasianya hehehe

    ReplyDelete
  16. Mba kalo gulungnya pake kertas roti gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya bisa mbak, kalau kertas rotinya yang benar-benar licin dan tidak lengket, supaya permukaan bolu gulungnya bisa halus.

      Delete
  17. Kreeen step2nya jelas bangat...ada resep yg keju ga? saya suka bangat sama bogul keju meranti, plgan cm bisa nitip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak untuk resep keju sebenarnya hanya isinya saja yang berbeda, kalau resep rotinya sendiri sama. Bagusnya resep ini, bisa digulung setelah dingin sehingga bisa diolesi krim. Gunakan krim yang non dairy, lebis tahan tidak cepat meleleh. Kocok krim dalam keadaan dingin begitu juga wadahnya, akan membantu krim cepat mengental. Olehkan diatas bolu kemudian taburkan keju parut dan gulung seperti gambar. Selamat mencoba.

      Delete
  18. Mb, buat motif daunnya kok susah ya ?
    Gmn dong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya gak susah mbak, mungkin cara saya menjelaskan kurang bagus, tapi coba dilihat lagi gambarnya. Pertama letakkan, adonan coklat dengan arah diagonal (bisa menggunakan sendok atau spatula, saya pakai spatula saja), kemudian gunakan garpu untuk membuat garis, dengan arah berlawanan dengan diagonal pertama. Kalau arah garis pertama keatas maka arah garis kedua kebawah, demikian seterusnya. Kalau masih susah juga buat aja pola acak seperti marble cake, bagus juga kok mbak. Semoga membantu dan Selamat mencoba.

      Delete
  19. Mba luluk, aku ga bgtu suka kue yg terlalu manis. Boleh tau tingkat kemanisan nya resep ini? Kalo saya mau kurangi gula nya, apa itu bisa mempengaruhi texture bolu and overall rasanya?
    Makasih ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, rasa manis kue ini sedang (menurut saya yang juga gak suka manis), gula bisa saja dikurangi tapi sebaiknya coba dulu sesuai dengan resep. Selamat mencoba.

      Delete
  20. mbak luluk, Saya mau tanya nh. itu adonannya kental atau encer yha??
    kok aku punya encer?? (wktu saya buat saya hanya kocok sampai berbentuk)
    dan hasil nya . Pada bagian bawah kue terbentuk lapisan kuning tebal yang keras. itu emank menteganya 1 ons? gk kebanyakkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vivian, adonannya sangat kental, memang mengocoknya harus benar-benar sampai mengembang dan kaku. Iya memang menteganya 1 ons = 100 gr. Kalau ada lapisan tebas, berarti tidak mengembang. Jangan patah semangat... ada pembaca yang sudah berhasil membuat lho....

      Delete
  21. kira" apa yha kesalahan saya? saya ingin buat lagi sekali lagi.
    hbis itu kue bolu ku ada 1 lapisan lagi di atasnya. kira" itu masalah nya apa ya mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vivian, kemungkinan hanya kurang kocok saja. Coba dikocok sampai benar-benar pengembang dan berwarna hampir putih. Perhatikan juga temperatur ovennya. Keep trying... things can only get better...

      Delete
  22. makasih mbak. nanti saya coba lagi :) dan nanti saya kabarin.


    ReplyDelete
  23. Siang mba Luluk. Ini aku mau cb buat lagi nih. Tp loyangku uk. 28x28x4 kira2 hasil jadinya tll tipis ga ya? Saya ada 2 loyang. Yang 1 uk. 24 mba. Mnrt mba utk adonan diatas sbaiknya pakai yg mana? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Anita, saya rasa yang 28 x 28 x4 ukurannya kurang lebih sama dengan yang punya saya. Selamat mencoba...finger cross (semoga berhasil)

      Delete
  24. Mbak cling plastik itu apa? Itu macam merek total wrap?
    Mbak kl mis saya gk mw pakai bluberry tp mw pakai cream di taburi ceres atau keju. Itu creamnya gmn cara buatnya?

    ReplyDelete
  25. Cling film, adalah plastic tipis yang biasanya untuk bungkus atau penutup, iya ada yang merek total. Kalau mau menggunakan cream, gunakan non dairy cream (ada di jual di supermarket), karena tidak mudah meleleh seperti cream dari susu. Caranya, adalah dengan mengocok cream dengan mixer sampai kaku, pastikan creamnya dalam keadaan dingin sebelum dimixer (kalau bisa mangkok kocoknya juga dingin). Oleskan cream setelah bolu dingin, baru ditabur dengan keju atau ceres sebelum digulung.

    ReplyDelete
  26. Gmn kalau butter cream yg ud siap pakai? Rasa mya gak enak seh. Gmn yha mbak biar butter cream rasanya enak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vivian, yang enak memang pakai Whipping cream bisa merek President atau Elle et Vire. Tapi untuk bolu gulung (swiss roll nya Indonesia) sebaiknya pakai non dairy saja. Merek (yang saya pakai ) dan cara mengocoknya bisa dilihat postingah " Pancake Durian "

      Delete
  27. Kalo pakai non dairy, jd ntar terpaksa bolu gulungnya mesti taruk di kulkas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vivian, Maksudnya dingin, adalah suhu ruang, bukan masih panas dari oven. Kalau Vivian tinggal di Medan, datang aja ke rumah saya kita buat bersama2 hehehe.

      Delete
    2. hahahhaa. jadi repotin :) belajarnya lewat blog aja mbak.
      mank mbak tinggal di daerah mana? saya juga tinggal di Medan :)

      ini baru pertama kali saya nemuin blog yang baik dan ramah. semoga blog mbak makin sukses yha..

      Delete
    3. Buat teman" yang pengen buat bolu gulung tapi gak ada resep, pakai aja resep ini.
      di jamin ketagihan dech.

      Delete
  28. mbak, makasih banget yha. Bolu gulung nya enakkkkkkk bangettt...Tapi saya bukan pakai tepung terigu segitiga (Bogasari). saya pakai tepung terigu bola salju (bungasari).
    kualitas tepung bola salju ini sangat baik setelah beberapa kali saya coba dan bandingin dengan segitiga.. Keunggulannya itu di banding segitiga, bolunya itu gak kempes waktu sudah di keluarin dari oven.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya mau coba juga pakai terigu Bola Salju (Bungasari), dimana belinya? Saya tinggal di Jl. Pattimura.

      Delete
  29. salam kenal Mbak,
    ini kalau habis di roll sampe berbentuk gulungan apa cling filmnya tetep dibiarkan saja sampai dingin? atau bisa langsung dilepas & dipotong setelah terbentuk gulungannya? mau nyoba bikin nih ehehee.. makasih bnyk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal Sylvia, iya cling film dibiarkan dulu sampai dingin supaya terbentuk gulungannya dengan bagus, kalau sudah dingin betul baru dibuka dan dipotong. Selamat mencoba.

      Delete
  30. MbLuluk..boleh tahu oven yg dipakai? Otang atau otrik? Boleh tahu merk nya?

    ReplyDelete
  31. Mba Luluk salam kenal, mau tau ovennya menggunakan api atas atau tidak ya. Karena saya pakai oven yang di atas kompor (otang) yang gak ada api atasnya.

    ReplyDelete
  32. Salam kenal juga, pakai api bawah saja, pakai otang juga bisa asal suhunya dijaga. Selamat mencoba.

    ReplyDelete
  33. Selamat sore mbak Luluk
    Baru sekali ini saya membaca blogger yang begitu ramah, tidak pelit ilmu. Umumnya yang lain share ilmu tapi di setting supaya tidak bisa dicopy resepnya. Mbak malahan dengan ramahnya mengundang orang untuk berbagi ilmu sama sama membuat dirumah mbak. Bravo... salut untuk mbak Luluk. Terus berkarya mbak.... Salam hangat dari saya sesama orang Medan.
    Sumiatik di Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih complement nya Sumiatik, semoga menjadi penyemangat saya supaya tetap rajin menulis.

      Delete
    2. Iia tuh mbak Sumiatik,saya juga baru pertama kali ketemu blog yang begitu ramah.

      Delete
  34. halo. saya nyoba 1/2 resepnya. tapi waktu dipanggang 20 mnt masih warna putih adonannya. jadi sy bake tambahkan waktu 15 mnt lagi. masih juga belum kuning kcoklatan padahal pinggirnya loyang sudah coklat. saya tambah lg 15 menit .. bagian atasnya bagus kuning coklat. ehhh ternyata gosong hasilnya dan kering keras tidak bs digulung. gagal. salah saat kocok atau salah temp oven atau salah krn adonan ketipisan atau gimana ya ? pakai oven listrik kirin 200 drjt api bawah .. terakhir2 ganti api atas bawah. mohon petunjuknya, saya baru bljr buat kue. makasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Yun, kalau pertama buat sebaiknya ikut resep dulu, memang susah-susah gampang buat bolu gulung. Dalam baking (saya sih tidak ahli baking hahaha), cuma dari pengalaman yang tidak banyak ini, temperatur oven sangat perlu untuk tepat, untuk cake dkk biasanya pakai 180 C kecuali tertulis berbeda, kemudian perlu dicek kebenaran temperatur oven kita (dapat dicocokkan dengan oven thermometer, dapat dibeli di Ace Hardware). Cara mengocok yang benar juga sangat penting. Kalau resepnya sudah bagus Yun, karena sudah banyak yang coba dan berhasil. Coba lagi ya...., good luck.

      Delete
  35. Mbak luluk..kira2 ngocok telur kuning sama gula sampe kaku brp lama yah? Saya kocok pake stand mixer selama 20 menit kok tetep ngak kaku2 yah? Hanga mengentsl

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Juliana, seharusnya 15 menit saja sudah putih dan kaku (lihat gambar) mungkin kecepatan mixernya kurang maximum dan powerful. Kalau punya standing mixer sebaiknya digunakan. Jangan putus asa... coba lagi ya, sudah banyak yang berhasil kok, resep ini sangat bagus.

      Delete
  36. Trima kasih mbak luluk buat info dan motivasinya. Saya mau tanya lagi kenapa yah adonana saya sudah mengental ketika saya masuka mentega cair adonan jd turun dan mencair? :( sblmnya terima ksh yah mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Juliana, senang sekali Julian tidak putus asa. mentega cair tidak boleh panas /hangat dan cobalah memasukkan sedikit demi sedikit. Semoga kali berhasil.

      Delete