Sunday 20 October 2013

Ombus - Ombus / Pohul- Pohul / Itak Gurgur



Ombus-ombus adalah makanan khas Batak, selalu dijumpai diacara adat, terutama untuk peletakan batu pertama masuk rumah baru. Tetapi banyak juga dijual diwarung-warung maupun dijajakan di daerah Tapanuli, bisa juga dijumpai di Medan di daerah-daerah tertentu.
Ombus-ombus is one of traditional Batak food ( snack ), and will be served in many traditional ceremony specially laying the first stone of house building and house warming. But it is commonly sold shops or even hawker in Tapanuli and certain area in Medan.



Bahan - bahan / Ingredients

800 gr tepung beras baru (buat sendiri atau digilingkan)
800 gr rice flour, preferably  fresh one or homemade

4 sdt garam
4 tsp salt

4 sdm gula putih
4 tbsp sugar

2 kelapa, parut bagian putihnya saja
2 whole coconut, grated

1/2 kg gula merah, potong-potong kecil
1/2 kg palm sugar, diced

Daun pisang
Banana leaves


Cara membuat  /  Method

Campur sampai rata tepung beras, kelapa parut garam dan gula putih
Mix well the rice flour, grated coconut, salt and sugar 


Sampai tahap ini dinamakan itak gurgur dan sudah bisa dimakan mentah setelah dicampur dengan gula merah
To this stage, this mixture is called itak gurgur and edible after adding the palm sugar


Campuran itak gurgur dapat dikukus  dengan dua cara membungkus dengan daun pisang atau mengepal sampai padat sehingga berbentuk genggaman ini disebut pohul-pohul
This  itak gurgur mixture is cooked by putting it on a steamer either wrapped in banana leaves or press it in your palm to shape a fist.  We call this shape pohul-pohul

Ombus - ombus atau lapet biasanya adalah nama untuk yang dibungkus dengan daun pisang. Ada beberapa cara membungkus ombus-ombus tapi yang kebanyakan adalah yang berbentuk kerucut. Cara membungkus dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Ombus-ombus or lapet is normally used for the mixture that is wrapped in banana leaves. There are many ways to wrap but the common one is the cone shape. The step - by - step wrapping is shown in the pictures below.




Ada beberapa variasi membuat ombus-ombus ini, ada yang membuat hanya dengan tepung pulut (ketan), ada yang mencampur tepung beras dan tepung pulut dan ada juga yang hanya menggunakan tepung beras saja (saya menyukai hanya tepung beras saja). Begitu juga dengan peletakan gula merah. Ada yang menyukai diletakkan ditengah ada pula yang mencampur langsung dengan tepung dan gula sehingga berwarna kecoklatan. 
There are different recipe of making ombus-ombus : made of pure rice flour or just gelatinous rice flour or mixture of both. So is the palm sugar some like it in the middle and some love to mix it together.


Kukus selama selama 30 -45 menit atau sampai matang, dan sajikan selagi panas
Steam for 30 - 45 minutes or until ready, serve while it is hot.



17 comments:

  1. like it...like it...like it...soooo....mmuuuuuccchhhh.....
    nanya dunk bu...ada yg bilang katanya tepung dan kelapa harus d kukus dulu sebelum di campur gula merah,tapi kok ini ga ya??apa ga masalah klo ga di kukus dlu ??
    thanx y...saya pengen bgt belajat bikinnya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudan berkunjung di Blog makanan Medan. Mbak Fanny, banyak versi membuat ombus-ombus, untuk versi yang diajarkan Namboru kami (yang sedang berkunjung dari Tarutung dan mau mengajari kami) ini gak perlu di kukus dan hasilnya bagus. Mungkin untuk versi yang lain harus dikukus.
      Cuma kemarin itu saga membungkusnya kekecilan jadi agak terlalu kurus runcing, biasanya dibuat agak gemuk…. tapi rasanya mantap kok.

      Delete
  2. menggugah bgt....slleeerrrppp...ada yg udah jadi aja ga??kirim k rumah dunk....
    #ngarep.com#

    ReplyDelete
  3. omgg!!! walaupun saya bukan batak, tapi saya cinta mati sama ombus2 ini. waktu nemu ni kue di salah satu lapo di bandung, girangnya luar biasa. tq resepnya. btw homemade tepung berasnya buatnya gimana ya? resepnya dong mbak. :)

    ReplyDelete
  4. Hi mbak Yanti Thanks sudah mengunjungi blog ini. Buat tepung berasnya gak susah kok…, rendam berasnya 1 jam, tiriskan sampai benar-benar kering kemudian diblender, disaring…., sudah jadi….. Selamat mencoba.

    ReplyDelete
  5. ka, pohul2 apa tidak pakai tepung beras? dari resep hanya campur sampai rata kelapa parut garam dan gula putih. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya, pakai bahan dari tepung beras, sudah ditulis dibahan, tapi belum ditulis di "cara membuat", thanks, akan saya perbaiki sekarang.

      Delete
  6. Luluk, thx a lot...resepnya sudah saya coba; Bika...hasilnya not to bad....

    ReplyDelete
  7. Horas dihamu sasude, hira ni tabo hu bereng masakan di postingan on.

    Horas,
    Dapur Palma

    ReplyDelete
  8. Mbak luluk, sepertinya foto mbak digunakan oleh website lainnya dan mungkin tanpa persetujuan mbak luluk, ini alamatnya http://resepkueterbaru.com/resep-kue-itak-gurgur-dan-ombus-ombus

    ReplyDelete
  9. Hi Shenan, iya benar saya dah buka site di atas, memang foto-foto saya yang dipakai, gak pakai permisi lagi. Padahal kalau permisi saya juga kasih kok, or at least dicantumkan sumbernya. Thanks infonya. Mudah-mudahan dia segera bertobat.

    ReplyDelete
  10. Mau tanya ya mbak, kalau tepung berasnya menggunakan tepung yg sudah dibungkus2 itu berpengaruh ga mbak? Seperti tepung rose brand

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Abhie, sorry for the late reply. Bisa saja pakai tepung yang judah dibungkus, tapi sering tepung ini sudah lama dan sedikit berbau apek, tepung beras yang baru akan jauh lebih enak dan harum.

      Delete
  11. Mb pohul2 nya ad cetakan nya Gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe...., cetakannya tangan, digenggam agak padat saja.

      Delete
  12. Horas ka, aku bkn org batak tp suka sama itak gurgur, ka kl tepung beras sdh direndam dan diblender, apakah langsung dicampur di kelapa parut dan gulmer? Siap sajikah? Sorry ka, aku nanya krn mw coba sendiri biar ga malu dpn calon suami. God bless....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Caroline, tepung beras direndam, ditiriskan sampai kering, diblender, disaring, langsung dicampur dengan kelapa parut dan gula merah yang disisir kasar. Selamat Mencoba Caroline, semoga disayang calon mertua

      Delete