Friday 2 November 2012

Cara Membuat Kwe Tiauw ( Home made Kway Teow )





Sebelumnya saya pernah mem-post cara membuat Mie kuning dgn hasil yang cukup bagus. Kali ini saya membuat Kwe Tiauw sendiri karena beberapa kali membeli di pasar ada sedikit bau  dan terlalu kenyal, seperti terbuat dari kanji semua, padahal saya lebih menyukai yang terbuat dari beras. Resep ini juga mencontoh dari blog tetangga.

Bagi yang menyukai Kwe Tiauw  dan sulit mendapatkannya atau bagi yang menyukai sesuatu yang home made ( garansi tak ada bahan tambahan ), resep ini dapat dipraktekkan. 

Bagi yang ingin mencoba, silahkan mengikuti resep ini dulu, jika sudah berhasil silahkan bereksperimen, misalnya pingin lebih kenyal atau kurangi minyak dll

It is not  difficult nor  time consuming to make kway teow. It is worth the effort if your really love them. You'll get fresh Kway trow and delicious too. 

This kway teow had a nice and smooth texture with a 'bounce'. Just perfect for cutting up into strips for char kway teow (fried rice noodles).

Bahan /Ingredients

150gr tepung Beras
          Rice flour
1½   Sdm wheat starch ( tang mien fen)
           Tbsp Wheat starch flour
2  Sdm maizena
          Tbsp Corn flour
400ml air dingin
           cold water
1 Sdm minyak
           Tbsp Oil
1 sdt garam
            tsp Salt

Method / Cara Membuat

1. Campurkan semua tepung dan garam kemudian masukkan air, aduk terus sampai  halus
Mix the rice flour, wheat starch and corn flour together. Add the water and stir continuously.

2. Tambahkan minyak, aduk merata
Add in the oil, salt and mix thoroughly.

3. Sisihkan adonan, sekurangnya satu jam
Set the batter aside for at least an hour.

4. Sambil menunggu, siapkan loyang non stick, sekurang- kurangnya 2 buah dan minyaki. Siapkan kukusan juga.
While waiting, prepare a nonstick baking tray at least two and oil them. Prepare your steamer.

5. Jika air sudah mendidih, masukkan adonan ke dalam loyang, setipis atau setebal yang diinginkan ( saya suka tipis). Chek agar panci rata, agar hasil tidak tebal di satu sisi. Kukus selama 3-4 menit atau sudah transparan merata ( jangan terlalu lama lapisan akan menjadi retak dan kering) dengan api panas. 
When the water is boiling, ladle and spread a thin layer of batter onto the tray. Steam for about 3-4 mins on high ( not more), over done will cause crack and dry.

6. Keluarkan loyang dari kukusan dan dinginkan sebentar. Keluarkan Dari cetakan, gulung dan gunting-gunting. Sementara itu kita sudah me masukkan adonan ke kukusan dengan loyang yang satu lagi
Remove the tray from the steamer and leave to cool slightly  before using a scrapper to fold the kway teow.
While waiting for the kway teow to cool, put in the next tray to steam. Cut into thin strips for fried kway teow using a pair of scissors.

Akan menghasilkan 1/2 kg Kwe Tiauw , cukup untuk porsi 2 orang
Makes 1/2 kg Kway Tiauw 

Setelah dipotong-potong siap untuk diolah, saya buat Kwe Tiauw Penang...
You now may use it to what ever you fancy to make...




14 comments:

  1. kalau boleh tau Sdm wheat starch ( tang mien fen)itu apa ya? fungsi nya buat apa?
    saya tunggu balasan nya
    thanks
    Eva

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Eva, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Waduh minta maaf, sorry...Sdm itu salah ketik harusnya sdm ..... alias sendok makan. Wheat starch atau tang mien fen adalah, sari tepung gandum fungsinya adalah memberi tekstur yang kenyal tetapi lembut. Tepung ini biasanya bisa dibeli ditoko yang menjual bahan makanan Cina, tetapi di beberapa Supermarket juga biasanya tersedia. Di Medan bisa dibeli di Berastagi Supermarket, saya membelinya di Pasar Beruang. Semoga cukup informatif.

      Delete
  2. wow, you even made a rice noodle from scratch....
    i guess nothing superb than homemade version since we known all the igredients within it
    btw, i once made with a red rice flour, it's a winner dish that day....
    btw, have u ever ussing cheese cloth as a rice noodle tray????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Might try your version....., brown rice flour is definitely more nutritious than the white one and very likely taste better too. Rice noodle tray? yang mana itu ya mas?

      Delete
  3. Thanks Mr.luluk...Ide kreatif anda sangat bermanfaat....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sam, thanks sudah berkunjung ke blog says....., cuma ingin koreksi sedikit... Mrs Luluk .....

      Delete
  4. untuk mie kwetiau..jika tidak ada wheat starch..apa bahan penggantinya ..ya...dan jika tdk memakai wheat starch bisakah ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak ada wheat starch ( Tang Mien), mungkin bisa deganti dengan tepung kanji..., karena di Medan kwe tiauw banyak dibuat dengan kanji.

      Delete
  5. Salam kenal mbak Luluk :) Sy ingin tanya, jika sy tdk punya loyang non stick apakah ada cara lain? Kira2 bagaimana ya jika sy perlakukan seperti membuat kulit lumpia, jd didadar dg wajan teflon langsung di atas kompor begitu? Krn di rumah adanya hanya loyang biasa yg bulat; yg kotak tdk ckp masuk ke dandang.
    Oya mbak, sekalian sy ingin tanya di sini utk pembuatan mie; mbak Luluk menggunakan telur bebek dlm pembuatan mie, apakah hasilnya tdk amis mbak? Atau perlu perlakuan khusus agar amis telur bebek tdk terasa? Sy nantikan jawabannya ya mbak :) Trmksh banyak sebelumnya ^_^

    ReplyDelete
  6. Oh iya bisa juga pakai wajan teflon dengan api kecil, hasil hampir sama. Saya sudah pernah mencoba.
    Untuk pembuatan mie dengan telur bebek, saya rasa sih tidak berbau amis, tapi kalau mau pakai telur ayam juga bisa hanya saja warnanya tidak sekuning dengan telur bebek. Saya akan segera memposting resep mie kenyal dan mudah tanpa additive dengan telur ayam. Stay tune....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sy tunggu postingnya ya mbak :D Terimakasih atas jawabannya. Btw sy udah coba mbak, sy tdk berhasil dg wajan teflon, hasilnya kering atasnya & patah; lalu sy nekat sy kukus pake rantang walo jadinya bulat, dan.....berhasiiil :D Resepnya mbak Luluk benar2 bisa diandalkan. Jadi pengen coba resep2 lainnya. Keep on posting ya mbak. Sukses buat mbak

      Delete
  7. Salam kenal mba luluk..sy victoria..mau tanya nih kalo ingin buat kwetiaw yg dr tepung kanji apakah mba ada resep nya? pgn bljr..hehehe makasih sblm nya mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Victoria, salam kenal. Saya belum punya resep kwetiau yang dari tepung kanji saja. Sudah saya coba hanya pakai kanji saja tapi hasilnya terlalu lembek, yang mendekati adalah campuran tepung kanji dan tepung beras dengan perbandingan kanji yang lebih banyak. Perbandingan jumlah tepung dan air adalah sama dengan resep di atas. Boleh juga dicoba membuat kwe tiau ini dengan resep ci cong fan yang sudah saya posted sebelumnya. Selama mencoba.

      Delete