Tuesday 20 November 2012

Kue Bawang Renyah dan Pedas (Spicy Shallot Crackers)






Banyak sekali versi dan resep kue bawang, ada yang enak dan ada yang unik. 
Sudah beberapa kali saya mencoba membuat kue bawang dengan resep yang berbeda, akhirnya dapat juga yang satu ini. Sebenarnya saya ingin membuat kue bawang dengan rasa seperti yang saya beli (di Medan). Tapi akhirnya saya sadar, sulit mendapatkan rasa seperti itu tanpa tambahan penguat rasa (MSG). 
Kue bawang ini cukup tipis dan renyah. Sangat enak sebenarnya dan tanpa MSG...

Jika ingin mencoba resep ini, coba dengan jumlah kecil dulu, jika sudah cocok rasanya silahkan membuat dalam jumlah besar. 

Bahan : 

300 gr Terigu
 75 gr Tepung kanji 
 80 gr  Bawang merah 
 50 gr  Bawang putih 
 25 gr Mentega 
 20 gr udang manis 
 40 gr Daun sop (iris halus) 
 2 sdm Gula pasir 
 1.5 sdt Garam
 1  Butir Telur
 40 ml air 
 3 Cabe kering, atau 1 sdt Cabe bubuk

                        

Cara membuat : 

Haluskan bawang merah dan bawang putih, cabai kering dan udang manis. 
Tumis bumbu yang dihaluskan  dengan blue band, lalu masukkan garam,  dan gula putih, masak sampai harum. Dinginkan. 

                         
 
Aduk (uleni) terigu,  telur dan daun sop sedikit demi sedikit  hingga rata (saya pakai food processor biar cepat dan rata). Kalau masih keras baru tambahkan air. 



Istirahatkan selama 30 menit (bisa disimpan di kulkas sampai beberapa hari jika perlu)


Gunakan gilingan pasta. Giling beberapa kali supaya halus dan sampai tipis.
Potong sesuai keinginan. 
Saya coba potong dua model bisa dilihat difoto.

                           

1 comment: