Sunday 19 October 2014

Sushi Untuk Pemula / Sushi For Beginners


Banyak jenis sushi yang dibedakan berdasarkan jenis dan cara membungkus nasinya. Jenis-jenis sushi dapat dilihat disini, tapi untuk kali ini saya  memberi contoh lebih detail untuk makisushi atau norisushi.

Membuat sushi itu sendiri tidaklah sulit, tidak harus memakai alat khusus untuk menggulung, kita bisa berimprovisasi bagaimana caranya supaya bisa menggulung, tetapi untuk menghasilkan sushi yang enak dan baik memang perlu skill, pengalaman dan tentu saja alat yang benar dapat dilihat di thekitcn.com

Beras sushi berbentuk lebih bundar dibanding beras biasa dan juga lebih lekat. Jika di daerah anda tinggal tidak tersedia beras sushi, sebagai alternatif adalah dengan menggunakan beras biasa dicampur dengan beras ketan (pulut) yang fungsinya sebagai perekat. Setelah dibuat sushi tekstur campuran beras ini hampir sama. Di Medan beras sushi sering tersedia di Berastagi Supermarket (walau tidak selalu ada) dan CV Dio, di komplex Setia Budi. Sedangkan untuk perasa nasinya, jika tidak tersedia rice vinegar (cuka beras) bisa digunakan cuka apel atau cuka biasa, yang perlu diperhatikan adalah keasamannya.

Untuk isinya sangat beragam dan tergantung selera anda, dari isi vegetarian seperti telur (tamagoyaki), timun dan apokat sampai ikan mentah dan caviar. Anak-anak biasanya menyukai isi surimi dan tamagoyaki.
Sushi umumnya dihidangkan dengan shoyu (kecap bisa dibeli di Medan dengan merek Kikkoman), daikon (lobak diparut), gari ( jahe iris), wasabi,  dan sichimi (campuran cabe dan bahan lain, cocok untuk orang Indonesia yang cari pedas) dan banyak juga yang memakai kewpie (mayones Jepang). Kesemua bahan yang diperlukan untuk membuat sushi selain dua tempat di atas juga bisa dibeli di toko Mr. Ben di Jl. Muara Takus Medan.


How to cook sushi rice / Memasak nasi sushi


If you are using 250 gr sushi rice / Jika menggunakan 250 gr beras sushi
(Of course you can use rice cooker to be practical / Supaya lebih praktis gunakan rice cooker)

Rinse the rice with cold water, 3 - 4 times then drain in a sieve
Cuci beras 3 - 4 kali kemudian tiriskan

Add the rice with 330 ml water and bring to a boil for 1 minute then simmer for 10 minutes with the lid on
Campur beras dengan 330 ml air dan didihkan selama 1 menit kemudian kecilkan api lanjutkan memasak selama 10 menit dengan panci tertutup.

Turn off the heat and leave to stand for 25 - 30 minutes (do not open the lid)
Matikan api dan biarkan selama 25 - 30 menit (tutup jangan dibuka)

Alternatif rice / jika menggunakan bears lainnya

Mix long grain rice and gelatinous rice with 1 : 1 ratio, you can steam it or just use rice cooker as you are cooking your normal rice.
Campur beras biasa dan beras ketan dengan 1 : 1, bisa dimasak dengan cara diaron kemudian dikukus tapi bisa juga dimasak dengan rice cooker, layaknya memasak nasi biasa. 

Preparing the sushi rice / persiapan nasi sushi

3 tbsp rice vinegar or to taste
3 sdm cuka beras (atau lebih jika menggunakan cuka lain atau secukupnya)

2 tbsp sugar
1 tsp salt

Mix well until the sugar dissolved
campurkan sampai semua gula larut

Fold in the mixture into the cooked sushi rice has cooled down, preferably use wooden spoon to keep the rice whole.
Masukkan larutan cuka dan gula kedalam nasi sushi yang sudah dingin, dan campur perlahan-lahan agar nasi tidak hancur, gunakan sendok kayu atau plastik.


The Choice of filling /  Pilihan isi antara lain

Tamagoyaki / Japanese omelette
Telur dadar gulung

cucumber
timun, buang isi kalau pakai timun lokal

sausages of your choice
sosis pilihan anda

crab stick / Surimi
Surimi atau kepiting proses

tuna mayo
tongkol kaleng campur mayones

other ingredients / pelengkap lainnya

white and black sesame
wijen hitam dan putin

caviar
caviar

How to roll makisushi / Menggulung sushi

Chop and prepare your fillings (vegetables and fish )
Potong-potong dan siapkan isi ( sayur dan ikan )

 Feel the nori from both sides and you will find one side to be a bit smooth and the other a little rough. The nori should lay on the rolling mat with the rough side facing upwards.
Jika dilihat /diraba permukaan nori tidak sama, yang satu lebih halus dan mengkilat sedangkan sisi lainnya agak kasar. Letakkan bagian yang kasar menghadap keatas.

Gently put the rice in the middle of the nori sheet (use your dampened hand or spoon)  spreading it equally, creating a layer of rice covering almost the entire sheet  (depend on the size of your sushi, use half of nori if you make a small one) leave about 2 cm uncovered, to close sushi roll properly. Be careful not to compress the rice, but merely spread it over the nori.
Letakkan nasi ditengah nori (gunakan tangan atau sendok yang telah dibasahi), ratakan, sampai menutupi lembaran nori (tergantung besar sushi, gunakan setengah lembar jika membuat sushi kecil) tinggalkan 2 cm bagian atasnya, agar nantinya sushi dapat tertutup dengan baik. Nasi jangan ditekan terlalu kuat.


Place the filling of your choice at the edge (though I do try to put in the middle too) of the nori
Letakkan isi pilihan pada bagian pangkal (walaupun saya juga meletakkan dibagian tengah) nori


Roll the sushi with the bamboo mat (makisu). Move forward, continue rolling keeping it tight with every move until you reach the end of the nori. Put pressure on the roll from all sides at all time, especially on stops to allow it to roll tightly. If this is your first time its unlikely you get a perfect roll but after 2 -3 time you'll get the knack of it.
Gulung sushi dengan makisu (gulungan sushi). Gulung arah kedepan sambil menekan setiap kali bergerak maju sampai ujung nori. Tekan-tekan lebih rapat terutama diakhir gulungan agar sushi benar-benar padat. Pada awalnya tidak sempurna tapi setelah 2 -3 kali gulung kita akan semakin mahir.

Wet your knife then cut the roll into the desired size (use a very sharp knife)
Basahi pisau (dengan air masak) kemudian potong sesuai dengan ukuran yang anda inginkan (gunakan pisau tajam)

Ready to serve with shoyu, wasabi, gari or pickled ginger, radish or daikon and kewpie if you fancy
Siap disajika dengan shoyu (kecap encer), wasabi, jahe iris, daikon dan mayones kalau suka

3 comments:

  1. this is away better than amateur for sure!!!
    gambarnya mantap2 kali kak!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Many thanks, you are very encouraging..., saya jadi tambah semangat belajar foodphotography.

      Delete
  2. Beli makisunya dimana ya klo di medan? Thanks :)

    ReplyDelete