Friday 22 May 2015

Ongol - Ongol labu Kuning ( Steam Sticky Pumpkin Cake) Improved Recipe



Minggu lalu saya ke pasar dan melihat labu kuning yang warnanya oranye tua hampir merah (hiperbola) langsung saja saya beli tanpa rencana mau dibuat apa, soalnya tidak mudah mendapat warna labu yang begitu. Setelah sampai rumah akhirnya saya teringat, beberapa hari sebelumnya saya diberi ongol-ongol labu kuning yang enak sekali (seperti biasa saya langsung minta resepnya). 

Ini adalah resep teman yang saya rubah sedikit dan saya rasa lebih enak (teman saya setuju juga setelah merasakannya). Saya sudah pernah posting ongol-ongol labu  sebelumnya, tapi resep ini lebih enak dan teksturnya lebih mirip ongol-ongol kanji gula merah.


Bahan - Bahan / Ingredients

500 gr  labu kuning yang telah dibersihkan 
500 gr  pumpkin, has been cleaned

400 gr kanji
400 gr tapioca flour

300 ml pati santan
300 ml thick coconut milk

500 ml air kelapa
500 ml coconut water

1 bks agar - agar putih
1 sachet white agar

250 gr gula pasir
250 gr granulated sugar

1/2 sdt vanilli
1/2 tsp vanilla

1 sdt garam  atau secukupnya
1 tsp salt or  to taste

1/2 kelapa muda - sedang, kupas, parut, beri sedikit garam dan kukus agar awet.
1/2 fresh young - medium coconut, peel the brown part, grated and add a pinch of salt then steamed.

Cara membuat / Methode

Labu dipotong dadu, dikukus sampai masak dan lunak
Cut the pumpkin in large cubes, steam until soft 

Lembutkan labu kuning, campur rata dengan gula, garam, vanili, tepung dan agar-agar
Mash the pumpkin and mix well with sugar, salt, vanilla, agar-agar and the flour


Masukkan santan  dan air kelapa sedikit-sedikit dan aduk rata, kemudian saring ke dalam loyang yang telah diminyaki
Put the coconut milk  and coconut water gradually and mix well, sieve into greased container.

Kukus selama 1 jam, atau sampai masak
Steam for 1 hour or until ready

Dinginkan, potong-potong dengan ukuran sesuai keinginan anda
Leave the cake to cool before cutting it to your preference


Taburi dengan kelapa, hidangkan
Sprinkle or roll the cake on the grated coconut, ready to serve

7 comments:

  1. Mbak Luluk,kalo gak ada air Kelapa, bisa di ganti air biasa gak...thanks a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dear Lightning boy, iya bisa saja diganti dengan air atau santan encer.

      Delete
    2. Ok Mbak Luluk...thanks a lot, tambah semangat ada yg review kalo kue ini enak banget... ^_^

      Delete
  2. Sore Mbak Luluk. Saya sudah coba membuat ongol ongol labu ini. Dan rasanya sangat sangat enak. Makasih sudah sharing resep yg enak ini.

    ReplyDelete
  3. mb Luluk terima kasih resepnya,uenaaak tenan.Ini resep kedua yang saya cb dari mb Luluk,yang pertama adalah wafel.Dan sukses juga wafelnya,sekali lagi terima kasih.Wah kayaknya habis ibi eksekusi kueh tok kayaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Farida, wah senang sekali mau mencoba, memang ini resep teman saya yang bagus sekali... semua pada suka.

      Delete