Friday 14 August 2015

Summer PYO / Petik buah di Kebun


Liburan sudah usai, walaupun sangat menyenangkan, rasanya senang sekali kembali ke Medan, home sweet home. Salah satu kegiatan yang kami lakukan di hampir setiap Summer holiday di North Wales adalah pick your own, petik buah di kebun yang kami petik sendiri kemudian ditimbang dan bayar. Walaupun harga buah nya tidak lebih murah dari harga supermarket per kilonya, tetapi cukup puas juga makan buahnya disana dan memetik buah sendiri ada rasa kenikmatan tersendiri.

Beberapa jenis buah yang ada disini : blackcurrants, red currants, raspberry, strawberry, gooseberry dan cherry. PYO didekat kota kecil kami ini walau besar tapi kurang terawat (hanya bagian cherrynya saja yang rapi ), tapi hari itu sangat cerah dan tidak terlalu panas atau dingin, it was a nice day out setelah beberapa hari bermalas-malasan di rumah. Dari hasil PYO ini saya menyempatkan membuat beberapa jenis jam dan kue






Sebenarnya saya ingin membuat blackcurrant syrup seperti Ribena, tapi akhirnya saya menggunakan semua hasil petik menjadi blackcurrant jam kesukaan suami.




Gooseberry sangat sesuai untuk pembuatan jam karena kandungan pectinnya yang tinggi, tetapi kali ini saya menggunakannya untuk gooseberry fool. Sementara beberapa teman Indonesia yang tinggal di North Wales menggunakannya sebagai sambal gooseberry, rasanya yang asam manis dan tekstur yang menyerupai tomat memang sangat sesuai dan rasa sambalnyapun enak dan khas harumnya.


Hasil petikan raspberry sebagian saya buat jam dan sebagian kami campur dengan muesly untuk sarapan pagi hari.


Cherry adalah favorit saya, sewaktu memetik saya tak sanggup menahan selera jika melihat buah yang matang, sampai panas rasanya perut karena kebanyakan makan. Selain enak dimakan begitu saja, sebagian dari hasil petikan saya buat cherry clafoutis untuk desert makan malam hari itu.




2 comments:

  1. dimana pyo nya mbak luluk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ony, pyo nya di North Wales, waktu summer holiday bulan July lalu. Di Berastagi ada pyo untuk jeruk dan strawberry.

      Delete