Thursday 7 February 2013

Home made Vanilla extract ( Membuat Sari Vanili )






I use rather a lot of vanilla extract lately, since I hooked into baking. Where I live, in Medan it isn't easy to get a real good quality vanilla extract. Since I was given ( sorry....I asked actually...) a bunch of vanilla pods (Thanks Tanti....), I started googling of how to make vanilla extract. After reading a few, eventually use the long standing Vodka (Smirnoff).

I didn't know it was so simple to make, what we need is time.... I have used some of my homed vanilla extract to make vanilla custard....and yessss....it was good. 

Saya tidak pernah menyangka, ternyata membuat vanila ekstrak sangat mudah.....ayo, mari dicoba.....pasti jadi...


Vanilla is a flavoring derived from orchids of the genus Vanilla, primarily from the Mexican species, flat-leaved vanilla (V. planifolia). The word vanilla, derived from the diminutive of the Spanish word vaina (vaina itself meaning sheath or pod), simply translates as little pod.[1] Pre-Columbian Mesoamerican peoples cultivated the vine of the vanilla orchid, calledtlilxochitl by the Aztecs, and Spanish conquistador Hernán Cortés is credited with introducing both vanilla and chocolate to Europe in the 1520s.[2] 
Source Wikipedia








You will need / bahan yang dibutuhkan

300 ml vodka or cooking brandy

4 vanilla pods, split in the middle
4 buah vanili utuh belah tengah


Method  / cara membuat

Put the vanilla pods in vodka, close the lid tight and keep in dark, dry and cool place for 3 months....yes 3 months....and voila....you have home made vanilla extract.

Masukkan buah vanili ke dalam vodka, tutup rapat, simpat di tempat gelap, kering dan sejuk selama 3 bulan.....ya 3 bulan...., setelah itu anda sudah bisa menggunakan vanila extrak asli buatan anda....




 

9 comments:

  1. Mbak, mau nanya nih, untuk pembuatan vanila ekstrak, bolehkah menggunakan vodka yang mempunyai rasa lemon? Sebab di pasaran beredar vodka yang ada rasa tambahannya.

    ReplyDelete
  2. Hi Yin, terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Saya rasa bisa saja pakai Vodka yang berasa lemon...., mungkin jadi interesting rasanya "lemon vanilla extract", untuk beberapa masakan mungkin ok, tapi jadi tidak flexible, karena untuk masakan (kue) tertentu hanya membutuhkan rasa vanilla. Selamat mencoba dan bereksperiment.

    ReplyDelete
  3. say, ada foto vodka ya say pake ga? tkt salah beli hehe. thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yinz, oh pakai saja merek Smirnoff, bisa dibeli di toko Asli jl. Muara Takus (di Kampung Keling) atau di Toko Lamhot di dekat Simpang Barat. (Fotonya masih dicari-cari....)

      Delete
  4. Smirnorff nya ada rasa ga ya? Td liat di hypermart sih ada smirnorff tp berasa lemon. Kl diberastagi market ada ga ya? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Smirnoff nya yang original saja, gak usah yg berasa. Mungkin di Berastagi Supermarket ada, tapi toko Lamhot itu gak jauh dari Supermarket Berastagi.

      Delete
  5. Halo,terimakasih atas inspirasi resepnya.Kebetulan baru saja ujicoba membuat ekstrak vanili dengan vegetable glycerin,apakah sudah pernah dilakukan sebelumnya?Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  6. mbak luluk, maaf sebelumnya,, kebetulan vodka tdk bs untuk yg muslim, apakah ada bahan alternatif lain sbg pengganti vodka? terima kasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Siti, saya belum pernah membuat vanilla extract selain dengan Vodka, tapi setelah banyak meng - google ternyata bisa diganti dengan glycerine yang food grade dicampur dengan air dengan perbandingan yang sama. Selamat mencoba.

      Delete