Sunday 7 February 2016

Kue Karamel Resep Baru (Caramel Cake Improved Recipe)


Saya sudah pernah upload kue karamel ini sebelumnya. Resep yang ini saya dapat dari teman sewaktu kemarin belajar di rumahnya (Thanks Marni)  ada perbedaan jenis bahan tapi jumlah  tidak banyak berbeda. Cara ini saya saya modifikasi dari cara Marni, karena saya rasa lebih mudah dan sederhana. 

Rasanya menurut teman-teman saya lebih enak (saya sudah beberapa kali membuatnya), karena memang saya hanya memakai butter bukan margarin, jadi lebih harum butter. 

Saya mencoba hanya dengan memakai self raising flour dan saya juga membuat dengan tepung segitiga biru saja. Untuk teksturnya kue dengan self raising flour lebih lembut, sedangkan rasanya hampir sama. Selamat mencoba dengan resep modifikasi ini.


Bahan- bahan /  Ingredients

200 gr gula + 1 sdm 
200 gr sugar + 1 tbs

1/2 sdt garam
1/2 tsp salt

200 ml air
200 ml water

125 gr self raising flour ( tepung protein sedang ( segitiga biru) + extra untuk taburan
125 gr  self raising flour (or all purpose flour) + extra for dusting

100 - 110 gr butter ( saya pakai demi - sel Elle et Vire), lelehkan
100 - 110 gr butter / mentega ( I use demi - sel Elle et Vire), melted

125 ml susu kental manis
125 ml  condensed milk

1/2 sdt baking soda
1/2 tsp baking soda

4 telur ayam
4 eggs


Cara membuat /  preparation method

Panaskan oven    170 - 180 C
Preheat the oven to  170 - 180 C

Olesi loyang dengan butter kemudian taburi dengan tepung secara merata
Grease the baking dish with butter than dust with flour evenly


Masak gula dengan api kecil sampai menjadi karamel, kadang-kadang diaduk
Put sugar on a pan on a low heat until caramelised, stir occasionally


Setelah warna karamel sesuai dengan yang kita inginkan, segera masukkan air (hati-hati biasanya langsung mendidih, biarkan api tetap kecil) dan aduk perlahan-lahan sampai karamel larut (kalau ada sedikit yang menggumpal tidak apa-apa), sisihkan untuk didinginkan
After the colour of the caramel turn to what we want to add water immediately ( be careful at this stage the water will boil and splash, keep the heat low) and stir slowly until the caramel dissolve, don't worry if there is small amount lumps left), set aside to cool

Campur tepung dan baking powder, saring.
Sieve the flour and baking powder together.

Di mangkok  masukkan 1 sdm gula + 1/2 sdt garam dan 4 butir,  kocok telur dengan sendok kayu dengan gerakan satu arah sampai gula larut.
In a bowl put 1 tbsp sugar + 1/2 tsp salt and all the eggs, beat the eggs with wooden spoon, in one direction until the sugar dissolve.

Masukkan susu kental manis aduk rata
Pour in the condensed milk stir well

Campurkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk kedalam campuran telur sampai rata kemudian mentega, aduk sampai menyatu.
Add in the flour  gradually into the egg mixture, follow by melted butter, continue to mix until well incorporated.

Terakhir masukkan karamel dan aduk sampai tercampur rata
Last is the caramel, mix until well incorporated

Saring adonan ke dalam loyang
Sieve the batter into the baking dish

Segera masukkan dalam  oven selama 40 - 45 menit.
Put immediately in the oven  and bake for 40 - 45 minutes

Keluarkan dari oven biarkan dingin sebentar sebelum mengeluaran dari cetakan.
Take the cake out of the oven, leave for 5 minutes before removing from the dish


Setelah benar-benar dingin baru potong-potong dan hidangkan.
Leave the cake to cool before cutting and serve


No comments:

Post a Comment