Sunday 7 February 2016

Telur Dadar Chai Poh (Chai Poh / Preserved Turnip Ommelette)



Bulan lalu, teman-teman saya mengajak sarapan Bubur Taiwan di Jl. Pabrik Tenun. Itu adalah pertama kalinya saya merasakan ragam dan variasi pelengkap bubur ini, walau sudah lama mendengarnya. Kalau rasa buburnya sendiri adalah hambar ditambah potongan ubi rambar kuning, sangat sesuai jika ditambahi dengan hidangan pelengkapnya yang cenderung berasa asin dan manisnya. 

 Saya sangat menyukai telur dadar ini karena memang enak rasanya dan tidak sulit menbuatnya. Chai poh adalah lobak yang diawetkan ada yang diasinkan dan ada yang manis. Saya membeli chai poh di pasar Beruang, dan disini saya mendapatkan yang manis. Untuk produk yang ini, jangan dicuci terlalu lama, karena akan hilang rasanya.

Telur ini tidak hanya sebagai pelengkap bubur a la Taiwan tapi enak juga dimakan dengan nasi panas-panas.



Bahan - Bahan / Ingredients:

2 - 3 sdm  minyak goreng
2 - 3 tbsp vegetable oil

7 telur, kocok garpu (saya pakai telur bebek)
7 eggs, beaten ( I use duck eggs)

7 - 10 sdm chai poh cincang
7 - 10 tbsp chopped chai poh (preserved sweet turnip)

4 - 5 bawang putih, cincang halus
4 - 5 cloves garlic, finely chopped

2 sdm kecap asin (atau secukupnya tergantung keasinan chai poh)
2 tbsp light soy sauce (or to taste, depend on the chai poh)

1 sdt minyak widen
1 tsp sesame oil

1/2 sdt merica
1/2 tsp pepper


 cara memasak / method:

Cuci dan tiriskan chai poh, sampai 2 -3 kali tergantung keasinan atau kemanisan chaipoh. Potong kecil-kecil atau cincang kasar.
Wash and drain chai poh 2 -3 times, depend on the taste of the chai poh, cut in small pieces or roughly chopped

Tumis bawang putih cincang sampai harum, kemudian masukkan chai poh cincang. Lanjutkan menumis sampai chai poh agak lembut dan kecoklatan
Saute the garlic until fragrant, add in the minced chai poh. Continue to stir fry until the chai poh slightly softened and brown


Kocok telur dengan garpu kemudian campur dengan chai poh, masukkan kecap asin, merica dan minyak wijen. Kocok sampai rata. Goreng satu sendok untuk mencicipi rasa.
Beat the eggs with a fork,  combine with chai poh, garlic, soy sauce, sesame oil and pepper; mix well to combine. Pan fry 1 tablespoon of the mixture to taste

Panaskan minyak secukupnya dalam wajan dengan api kecil - sedang, masukkan campuran telur secukupnya sesuai dengan ukuran yang kita inginkan
Heat the oil in a frying pan over low-medium heat; add the egg mixture to your preferred size

Ketika telur sudah mular memadat dan bagian bawah sudah berwarna kecoklatan, balikkan sampai bagian satu lagi juga berwarna coklat. Keluarkan dari wajan dan potong kecil-kecil.
When the omelette starts to solidify and turn brown on the other side, flip it and fry till the pan-side down turns brown too. Take it out and cut into smaller pieces.

No comments:

Post a Comment