Monday 22 October 2012

Home made Bakso daging kenyal ( Meat balls in Broth )



Bakso is meatballs in broth and this is the most celebrated street food in Indonesia. Most people love it and most talk about.
Many research had been made as how to make this meat balls, due to the use of harmful additive such as borax and formalin as preservative as well as to get the right texture. Eventually I found Bakso recipe (after many years of searching) with safe additive, STTP (sodium tripoly phosphate) when used under 0.05%. Now I can make "Bakso" at home taste better than anything we buy, because I know what is in it.

Sudah lama sekali saya ingin membuat bakso yang rasa dan teksturnya seperti yang dibeli, tetapi tanpa MSG dan tanpa additive yang berbahaya bagi kesehatan.
Berbagai resep telah saya coba, tetapi hasilnya tidak pernah memuaskan. Sampai akhirnya menemukan resep yang  satu ini yaitu dari mesinresto.com . Sedikit saya modifikasi karena tidak menggunakan MSG, tetapi rasanya sangat enak. 
Jika anda melihat bahan "STPP" (food grade), ini adalah bahan pengenyal yang aman (bukan borax atau formalin) jika digunakan dibawah 0.05%, dan jumlah yang saya gunakan disini hanya sekitar 0.02%. Untuk melihat jenis pengenyal yang aman baca bengkelbakso.com
Saya sudah  mencoba membuat bakso dengan bahan dan cara yang sama, tetapi tanpa STPP tidak bisa memberi tekstur yang saya inginkan.  
STTP dapat dibeli di toko-toko bahan kue. (Bahan yang sama digunakan untuk memberi kekenyalan pada pembuatan Mie basah)
Silahkan bereksperimen dengan jumlah tepung, jumlah air maupun STPP (asal dibawah 0.05%)....


Siapkan bahan-bahan sebagai berikut / Ingredients

500 gr Daging sapi
            Fresh beef (if possible)
160 gr Tepung kanji
           Tapioca flour
 175 gr es batu (ice cube atau dipecah lebih kecil lagi)
           Ice cube or ice crush
1 sdt (1 gr) Fosfat (STPP)
           tsp ( 1 gr) STPP
1 sdm merica bubuk
           tbsp ground pepper
6 siung Bawang Putih
           clove garlic
2 sdt garam
           tsp salt 




Cara membuat / Method

Daging segar didinginkan didalam kulkas.  Potong kecil-kecil agar mudah di giling, dapat digunakan grinder atau food processor (saya pakai food processor)
Dice fresh cold beef (not frozen), this is to help the grinding process. You may use grinder or food processor. I use 

haluskan bawang putih dengan garam
Grind garlic with salt

Masukkan semua bahan ke dalam blender, sampai halus ( jika blender anda kecil, buat 1/2 resep dulu) atau selama 5 menit. Jika menyukai bakso yang permukaannya halus, pastikan daging benar2-benar digiling dengan halus.
Put all  ingredients in the blender, put in a pulse mode first than continuous until well mixed and smooth (5 minutes) (If your blender is small, make 1/2 recipe). If you prefer the smooth texture, discard all the sinew in the beef and the mixture really smooth.


Setelah halus, adonan bakso ini dibulat-bulatkan dengan menggunakan tangan dan diambil dengan sendok. Ukuran daging disesuaikan dengan selera, bisa besar, kecil, atau sedang (lihat gambar), ini memerlukan latihan, awalnya kurang bagus...., tapi setelah berlatih akan menjadi sempurna.
Make  small balls from the dough by pressing it in your hand and than scoop with spoon. This is not easy,....practice makes perfect. Or just use two spoons.

Bola-bola daging yang terbentuk langsung dimasukkan ke dalam air hangat (air hangat ini belum mendidih atau sekitar suhu 60-80 C).
Put the meatballs in hot water (not boiling 60-80C)

Bila sudah terapung dalam air, bola-bola bakso ini diangkat. Bila akan dikonsumsi langsung, bakso tersebut didinginkan sebentar, lalu direbus lagi sampai matang (sekitar 10 menit).
The meatballs are ready, when they are floating. If you wish to consume immediately,  cook for further 10 minutes


Bila akan disimpan, dapat disimpan direfrigerator untuk jangka waktu sebentar, atau di freezer untuk jangka waktu yang lama. Direbus kembali bila akan dikonsumsi.
This meatballs freeze well for future use and reboil in beef stock or beef broth.




TIPs :
Bila tidak mempunyai grinder dan food processor di rumah, penggilingan daging dan pencampuran dengan bahan lainnya dapat dilakukan di pasar, dengan bahan-bahan yang sudah dipersiapkan sendiri dari rumah.

Bila ingin mendapatkan bakso yang lebih kenyal, gunakan daging yang baru dipotong (daging hangat) yang bisa diperoleh di pasar pada dini hari.
For the best result, use fresh beef.

7 comments:

  1. Thank you for the recipe, will keep this one handy :)

    ReplyDelete
  2. Mbak mau nanya klo bahan sttp nya bli dmn ya?? Klo dimedan ada dijln apa?? Trmksi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sttp biasanya bisa didapatkan di toko penjual bahan kue. coba cari di pasar2 di kota anda.

      Delete
  3. Seamat siang mbak Luluk. Sy permisi tanya mbak:

    1. Dm resep bakso sebelumnya adonan bakso perlu dibanting, tp dlm resep ini tdk. Dg resep yg sama, kira2 apakah ada beda hasil antara dibanting dg tdk mbak? Juga apakah ada beda hasil antara direndam air es setelah direbus dg tanpa direndam? Jika direndam air es apakah bakso tdk menjadi hambar ?

    2. Lalu utk perebusan awal air tdk perlu mendidih dan jika bakso telah mengapung segera diangkat, didinginkan baru direbus lg. Berarti proses pematangan terjadi saat perebusan ke2? Pd perebusan ke2 apakah boleh direbus dg air mendidih (agar proses pematangan sempurna) mbak?

    3. Mbak Luluk pernahkah mencoba membuat bakso dg karagenan atau agar2 yg kabarnya bisa mengenyalkan jg?

    Terimakasih sebelumnya mbak Luluk. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Priscilla, terima kasih sudah memperhatikan resep-resep saya, akan saya coba menjawab.

      1. Resep bakso yang dibanting, seingat saya adalah bakso ikan bukan bakso daging. Hanya ada 2 resep bakso daging satu menggunakan pengenyal STTP satu lagi tanpa additive tetapi menggunakan campuran daging ayam dan telur. Sebenarnya merendam bakso sebentar dengan es agar cepat dingin dan padat tidak terlalu lama masak dan tidak menjadi hambar karena hanya sebentar saja merendamnya.
      2. Tujuan perebusan awal tidak boleh mendidih, supaya daging bakso masak merata sampai ke dalam (masak lebih sempurna), jika direbus dengan air mendidih pada permulaan, daging bagian luar matang, tetapi bagian dalam belum dan bakso sudah mengapung (kita kira sudah masak keseluruhan), kalau ada waktu boleh dicoba mbak. Perebusan kedua adalah sewaktu akan dihidangkan, agar bakso panas kembali bukan untuk menambah kemasakan.
      3. Belum pernah coba membuat bakso dengan keragenan, memang ada keinginan pesan kit membuat bakso dari bengkelbakso.com, tapi sepertinya pesannya harus banyak.

      Mudah-mudahan jawaban di atas cukup jelas. Kalau kurang boleh tanya lagi dan juga jika ada saran, saya akan senang sekali. Thansk Priscilla.

      Delete
    2. Malem mbak Luluk. Wah terimakasih banyak atas jawabannya yg cepat sekali.

      1. Dalam posting resep bakso tgl 23 July 2014 mbak Luluk menyertakan keterangan bakso perlu dibanting 20-30x. Sebenarnya sy ingin membandingkan sendiri perbedaan treatment dibanting dg tdk. Sayang waktu sy yg sulit sekali utk trial terlalu banyak, krn ada bayi yg hrs sy urus. Jd sy tanya dulu ke mbak Luluk

      2. Oh jd dg perebusan dg air tdk mendidih sdh cukup matang ya? Takutnya ada parasit2 yg blm mati. Mengingat sy belajar masak jg utk anak. Iya mbak, memang sy berencana utk mencoba besok

      3. Iya mbak Luluk kalau karagenan memang hrs pesan banyak. Karena itu ada yg mencoba menggantinya dg agar2. Sy pernah lihat beberapa resepnya di internet, tp blm ada waktu utk mencoba. Sebenarnya penasaran banget ingin membandingkan berbagai treatment, hanya waktunya susah sekali

      Mbak Luluk, sekalian sy numpang tanya lg. Kalau bakso urat yg menggunakan urat sbg isian apakah uratnya direbus dulu atau dipotong2 ataukah dicincang kasar mbak? Barangkali sj mbak Luluk ada saran... Oya mbak, kalau di Jawa ada varian bakso tim. bentuknya kotak, mungkin dicetak dulu di loyang, lalu ditim; dan ada yg diberi irisan atau ulekan kasar rawit. Sepertinya yg dipakai rawit hijau yg pedas dan wangi.

      Demikian mbak pertanyaan dan sedikit sharing. Terimakasih banyak ya mbak atas sharing2 resepnya yg murah hati. Salam

      Delete
    3. Hi Priscilla, kalau buat bakso urat harus dari mentah, bisa pakai daging betis karena banyak uratnya (atau minta tukang daging untuk diberi potongan yang banyak uratnya), potong dulu kecil-kecil sebelum diblender (kecuali digilingkan dipasar). Kalau untuk anak-anak resep chicken nugget saya cukup bagus (hehehe gak ada yang muji saya puji sendiri), bisa di freezer, dan digoreng kapan saja, dari pada beli biasanya banyak sekali MSG (vetsinnya).

      Delete