Sunday 28 September 2014

Nasi Lemak Medan / Nasi Gurih (Coconut Milk Rice Medan Style)



Nasi Lemak sering juga disebut sebagai nasi gurih atau di Jakarta disebut juga nasi uduk. Seperti di daerah lain di Medan nasi lemak biasanya dihidangkan atau disantap atau dihidang pagi hari sebagai sarapan walau sekarang sudah umum dimakan kapan saja. 

Salah satu nasi lemak yang cukup populer di Medan adalah di Jl Surabaya, nasinya gurih dan harum. Penjual nasi lemak mempunyai ciri khas masing-masing baik dari segi lauknya maupun nasinya sendiri, tetapi yang wajib adalah rendang ayam maupun daging sapi, sambal teri kacang dan sambal telur, sedangkan selebihnya sangat beragam dari tambahan sayur, mentimun  perkedel, krupuk maupun ikan goreng yang biasanya ikan selar seperti Nasi gurih Ai Moka (dulu Giok Sim) di Jl. S Parman.

Nasi lemak yang bagus dan enak adalah nasi yang gurih dan harum, nasinya utuh (tidak pecah / putus) tapi lembut. Untuk mendapatkan nasi gurih dan harum gunakan santan baru dan cukup     (santan kaleng atau siap jadi kurang gurih) sedangkan untuk mendapat harumnya didapat dengan memberi bumbu-bumbu aromatik seperti sereh, daun salam, pandan dan ada juga yang memberi daun jeruk purut. Sebaiknya jangan memasak nasi lemak dengan rice cooker, memasak dengan cara mengaron kemudian mengukus akan memberi hasil yang terbaik, nasinya utuh dan empuk. Jadi dua hal yang perlu diperhatikan untuk mendapat nasi lemak yang baik adalah cara memasak dan bumbunya.

Pada postingan ini saya hanya menulis cara membuat nasi lemak yang enak dan baik, sedang lauknya sudah saya ada pada postingan sebelumnya, sambal teri krispi, sambal telur, udang goreng dan rendang daging.


Bahan - bahan / Ingredients

500 gr beras
500 gr rice

500 ml santan dari 3/4 kelapa
500 ml coconut milk, from 3/4 whole coconut (if you are using fresh coconut)


1 lembar pandan, disimpul
1 pandan leaf, knotted

1 batang sereh, memarkan
1 stalk lemon grass, bruised

3 cm jahe, memarkan
3 cm ginger, bruised

2 lembar daun salam
2 salam leaves


½ sdm garam, atau secukupnya
1/2 tbsp salt, or to taste


Cara memasak / preparation 

Masukkan beras, santan dan bahan lainnya ke dalam panci, aduk rata dan masak dengan api kecil - sedang, sampai santan menyusut / kering (kira-kira 10 - 15 menit). Aduk sekali-sekali, jangan terlalu sering agar nasi tetap utuh (tidak pecah / putus). Proses ini disebut mengaron, nasinya disebut nasi aron.
In a large pan put the rice, coconut milk and the rest of ingredients, mix well and cook on low - medium heat until all the coconut milk is absorbed  dry (will take approximately 10 - 15 minutes). Stir occasionally, not too often to avoid the rice breaking. This rice called " aron rice"

Lanjutkan memasak nasi aron dengan mengukus selama 20 -30 menit atau sampai matang
Continue cooking the aron rice by steaming for 20 - 30 minutes or until done


Siap dihidangkan
Ready to serve.


2 comments:

  1. Di Kota Bekasi, ada lontong Medan yang enak dan benar2 "Medan".
    "Warung 59" yang berlokasi di dekat Jembatan 9 Perumahan Rawalumbu, menyediakan lontong dan nasi goreng khas Medan yang rasanya pas dan bikin kita ingat kampung halaman. Menurut pemilik warung, niatnya dalam waktu dekat juga akan ada nasi gurih. Bila anda penggemar kuliner khas Medan dan kebetulan singgah (atau memang tinggal) di sekitar Bekasi Timur, maka anda wajib coba kuliner yang satu ini. Dijamin nggak bakal nyesal!

    ReplyDelete