Monday 9 June 2014

Kuliner Medan , Ayam Ungkep (Culinary Trip Medan, Spicy Fragrant Chicken)

Nama warungnya "Belut Seafood", nama pemiliknya sekaligus chefnya Mbak Melin. Ini adalah untuk kedua kalinya saya diajak ke warung yang berlokasi di Marendal, yang cukup jauh dari Medan, kalau tidak macet bisa 30 - 45 menit, bukan untuk belutnya tetapi untuk "ayam ungkepnya".


Ayam ungkep ini sangat khas : yang pasti ayam kampung, bumbunya khas Sumatera Utara, andaliman, kincung, asam cekala, sereh, jahe dan banyak cabenya, resep ini sudah pernah saya upload sebelumnya dengan judul yang sama "ayam ugkep". 

Kuahnya yang agak kental, rasanya asam dan pedas sedap sekali ditambah lagi cabe utuhnya pas...., ayam kampungnya cukup lunak karena sebelumnya dipresto. Semuanya dimasak dari awal, bumbunya banyak fresh baru digiling, bahkan kalau stok ayam habis, ayamnya ditangkap dulu (I'm not joking). Oleh karena itu sebaiknya kita telepon dulu kalau ingin menyantap ayam ungkep spesial ini, karena memang lama memasaknya.


Minuman yang kami order sederhana, tapi sangat menyegarkan setelah bumbu pedasnya, yaitu air sereh, jeruk nipis, gula dan air es, kitapun bisa membuatnya dirumah.
Kesimpulannya, walaupun perjalanan jauh untuk merasakan ayam ungkep di warungnya mbak Melin, tapi puas sekali, pulang ke rumah dengan senyum...., sambil membayangkan kapan akan kembali lagi. 

6 comments:

  1. Mana no telpnya mbak? Lokasinya bisa dirincikan tempatnya mbak? Saya dah ngiler n ngences nih.. thanks

    ReplyDelete
  2. Hi Koko Syawaluddin, Ini Telefon nya : Mbak Melin 082167673535. Jl Stasiun Mariendal. Untuk lebih jelas lokasinya bisa dihubungi No telepon mbak Melin. Sebaiknya dipesan dulu sebelum sampai ke restoran, karena memerlukan waktu lama untuk memasak, tapi yang pasti makannya puas.

    ReplyDelete
  3. hi lulu, saya juga asal medan tp sekarang tinggal di belanda. saya suka dgn blog ini. kalau saya pulkam, boleh dong kopdaran kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Titiek, ayooo kapan mau ke Medan kabari... biar kita kuliner bersama... ditunggu

      Delete
    2. benar nich, aku tiap thn sih pulkam. senang banget kalau bisa kopdaran ama luluk heheh

      btw, kalau ke eropa mampir dong ketempat ku. biar aku bisa belajar masak langsung dari sang chef :) slm kenal dari low land

      Delete
    3. Dengan senang hati, pingin kapan2 ke Belanda. Saya punya teman baik dari Medan juga sekarang tinggal di Delf.

      Delete