Thursday 14 November 2013

Mie Pansit Halus (Angels Hair Pasta)


Resep mie ini adalah sama dengan mie yang saya buat sebelumnya , hanya ukuran mie yang berbeda. Mie ini sangat sederhana, sehat (tanpa additives) dan rasanya gurih, lebih enak dihidangkan selagi fresh. Ukurunnya sama dengan angels hair pasta dan memang bisa disajikan dengan spaghetti sauce, layaknya spaghetti bolognese. Di Medan mie ini biasanya disajikan sebagai mie pansit.

The recipe of this noodles is similar to the one I posted before , only the size and the way to serve is different. This is a very simple, healthy (no additives) yet taste great. Best serve after it freshly made. You can use as fresh angel's hair pasta with bolognese sauce. In Medan we normally serve as noodles soup.


Bahan - Bahan  / Ingredients

500 gr tepung protein tinggi  (Cakra kembar)
500 gr high protein flour

2 telur bebek  + 2 sdm minyak  + Air es = 250 ml
Duck eggs + 2 tbsp vegetable oil + ice cold water = 250 ml

1 sdt garam
1 tsp salt

Tepung kanji untuk taburan
Tapioca / corn starch to sprinkle

Cara membuat / How to make it

Campur telur dan minyak goreng kocok dengan garpu sampai tercampur
Mix well the eggs and oil with a fork

Larutkan garam dalam air kemudian masukkan ke dalam telur
Dissolve the salt in water then add into the egg mixture, mix well

Buat lubang ditengah tepung, masukkan campuran telur, campur kemudian uleni sampai kalis.
Make a crater in the middle flour, pour in the egg mixture, mix the the flour inside out until and start kneading until smooth and pliable.

Banting-banting kira-kira 15 menit. Semakin lama diuleni dan dibanting semakin kenyal tekstur mie.
Continue to knead for another 15 minutes, the longer the kneading the noodles will be more elastic (firm), this is the key to a good and firm noodles since we don't use chemical

Bentuk adonan menjadi bola, istirahatkan dan tutupi selama 30 menit.
Shape the dough into a ball, cover and leave to rest for 30 minutes

Potong sebagian bola, ratakan sedikit sebelum digiling dengan pasta maker.
Cut a small portion of the dough and flattened before rolling in  pasta maker.

Giling berulang-ulang mulai dengan yang paling tebal kemudian ke yang lebih tipis dengan ketebalan yang diinginkan. Untuk ukuran mie ini saya pakai gilingan no 1
Roll the dough until smooth, start from the thickest roll to the thinner one. For this type of noodles I use no 1.

Taburi lembaran pasta dengan kanji sebelum dipotong dan taburi lagi hasil potongannya agar tidak lengket. Sisihkan.
Sprinkle the pasta sheets with tapioca flour or corn starch before and after cutting, to stop it from sticking. Set aside.

Didihkan air tambahkan sedikit minyak dan garam.
Bring water to a boil in a pot, add some oil and salt

Masukkan mie, hanya beberapa detik langsung angkat, tiriskan dan tambahkan sedikit minyak lagi aduk rata, supaya tidak lengket.
Put the noodles in the boiling water just a few seconds, take it out immediately and mix in a little oil to stop it from sticking.

Sekarang mie sudah siap digunakan, untuk dijadikan mie goreng atau mie kuah (mie pansit),  atau bisa disimpan di kulkas siap untuk digunakan jika perlu (max 2 hari di kulkas)
The noodles is now ready to use either for fried noodles or in soup or you can keep in the fridge ready to use when ever you need it. (maximum 2 days in the fridge )



Mie Pansit  halus

2 comments:

  1. Salam kenal kak...mau tny ni alat tuk bt pasta maker nya yg electric tu merk apa ya kak...n beli dimn?disini (papua) aq ga pnh ddpt.tolong infonya ya kak...bs email foto alatnya ga kak ke email qu...vinthiroshi10@gmail.com...tx kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lia, coba lihat dilihat di Lazada.co.id , disitu ada beberapa pilihan pasta maker. Saya punya yg electric tapi terus terang aja hasilnya gak beda dengan yang manual, hanya saja bisa kerja sendiri dan lebih cepat. Di Ace Hardware ada dijual mesin listriknya yang bisa disambungkan ke pasta maker.

      Delete