Wednesday 27 November 2013

Membuat Yoghurt Sederhana ( Simple Yoghurt)



Yoghurt sangat baik untuk kesehatan bagi tua dan muda bahkan anak-anak, hanya saja rasa plain yoghurt agak susah diterima kebanyakan orang. Untuk mendapatkan rasa yoghurt yang disukai seperti yang dijual, bisa kita campur dengan jam (selai) pilihan kita atau fruit puree (buah yang diblender halus), strawbery, nenas, syrup markisah, madu dan lain-lainnya.

Untuk mendapat tekstur yoghurt yang padat bisa ditambahkan jumlah susu bubuknya (kami menyukai yang agak padat) tapi kalau suka lebih encer kurangi saja. Kalau suka rasa yoghurt yang agak asam tambahi waktu pembuatannya ( makin lama makin asam). Yoghurt yang telah dibuka dan digunakan dapat disimpan dikulkas lebih kurang 1 minggu tapi jika belum digunakan bisa 2 minggu.

Jika anda ingin menggunakan yoghurt untuk sarapan maupun bahan pelengkap lainnya misalnya untuk campuran kue, membuat mango lassi maupun dicampur dengan buah dan daerah tempat tinggal anda tidak mudah mendapatkannya, berikut ini adalah cara mudah dan paling sederhana untuk mwmbuat secara manual (dapat juga dibuat dalam yoghurt maker). Membuat yoghurt tidak sulit yang diperlukan hanya suhu yang baik. Yoghurt sisa dikulkas dapat digunakan sebagai biang pembuat yoghurt selanjutnya.

Bahan yang dibutuhkan  /  Ingredients

1 L susu ultra full cream
1 L UHT full cream milk (preferably fresh one)

50 gr susu bubuk full cream
50 gr full cream powdered milk

2 sdm penuh yoghurt
2 tbsp full yoghurt

Cara membuat  /  preparations

Masukkan susu bubuk ke dalam susu cair, aduk rata
Dissolve the milk powder in the milk

Panaskan susu diatas kompor dengan api kecil sambil sekali-sekali diaduk, sampai hampir mendidih atau ketika balon2 kecil muncul disamping.
Scald the milk ( heat to near boiling point) over low heat until small bubbles start to appear on the side of the pan, stir occasionally

Matikan api, dinginkan 2menit dan masukkan yoghurt, aduk rata pelan-pelan
Turn the heat off, cool down for a couple of minute then add the yoghurt, gently stir.

Masukkan ke dalam  tempat yang telah disterilkan
Put in clean or sterilised container 


Bungkus dengan handuk, keluarkan dibawah matahari langsung, akan menjadi yoghurt setelah 4-6 jam atau lebih jika kurang panas.
Wrap around the container with a clean thick towel, put it under direct sun, it should be ready after 4-6 hours if the sun is not strong enough will take longer

Simpan yoghurt dalam kulkas, siap untuk digunakan.
Keep the yoghurt in the fridge, ready to be used


No comments:

Post a Comment