Saturday 31 May 2014

Salad Kol Merah / Red Cabbage Salad


Kami memakan salad ini pertama kali waktu teman kami "Simone" membawanya untuk makan siang bersama-sama di rumah saya. Rasanya segar dan yang pasti sehat. Enak dimakan begitu saja. Mudah dan cepat dibuat. Bagi teman-teman yang sedang berdiet dan ingin makanan sehat, salad ini sarat dengan bahan-bahan yang sehat. 

Di Medan, semua bahan dapat diperoleh di Berastagi Supermarket. Banyak jenis balsamic vinegar tapi yang selalu tersedia di Supermarket adalah Bertolli sedangkan extra virgin olive oilnya adalah Filippo Berio. Tentu saja anda dapat menggunakan merek favorit anda. Saya memakai saus tomat Heinz karena dari labelnya, merek ini tidak menggunakan pewarna atau bahan additive lainnya. Sebaiknya gunakan apel hijau, tapi jika menyukai sedikit rasa manis bisa menggunakan apel Fuji atau apel lainnya.

Bahan-bahan juga dapat ditambahi, misalnya timun dan tomat, atau bahan lain pilihan anda, pada dasarnya  dressing ini dapat digunakan untuk salad lainnya.

Resep ini adalah dari Simone, yang telah saya modifikasikan sedikit, saya tambahi biji-bijian agar lebih enak dan lebih spesial.

Ingredients / Bahan - bahan

1 small head of red cabbage, sliced
1 buah kol merah kecil, rajang kasar


2 - 3 apples, diced or grated with the skin on
2 - 3 apel, potong dadu atau diserut, jangan dikupas kulitnya

cherry tomatoes or tomatoes, cut the size you fancy
tomat kecil atau tomat biasa potong sebesar keinginan anda

mixed nuts  or just walnut (optional), roasted and cooled
kacang-kacangan campur atau hanya walnut (optional), disangrai kemudian didinginkan

1 large onion, sliced
1 bawang bombay besar, potong bulat

dressing / bumbu

 6 tbsp balsamic vinegar (I use Bertolli)
6 sdm balsamic vinegar (saya memakai Bertolli)



10 tbsp virgin olive oil
10 sdm minyak zaitun (Saya memakai Filippo Berio)

2 tbsp tomato ketchup
2 sdm saus tomat (Saya pakai Heinz)


1 tbsp honey (optional)
1 sdm madu (optional)

Salt and pepper to taste
garam dan merica secukupnya

Cara membuat  /  Preparation

Put all ingredients in a jam jar or dressing bottle and shake vigorously well mixed or put them in a bowl and whisk until properly incorporated. Any leftover, will keep in the fridge.
Campur semua bahan ke dalam botol bekas jam atau botol pembuat dresing, kocok kuat sampai tercampur rata atau masukkan kedalam mangkok, kocok dengan garpu atau whisk sampai benar-benar menyatu. Jika ada lebih bumbu ini dapat disimpan dalam kulkas.


No comments:

Post a Comment