Sunday 25 May 2014

Sambal Botol Cabe Merah ( Garlic Chilli Sauce)

You might have seen similar chilli sauce sold in a store or supermarket. This chills sauce is sweet sour hot but quite mild compare to other chilli sauce. Very versatile and you can serve with most Asian snack. Actually it is not hard to make and bound you have the ingredients in your kitchen. It keeps in the fridge very well, ready to use when ever you need it. This recipe is just a guide line, you can adjust the sweet, sour, spiciness and thickness to your taste, for me its just right.
Mungkin anda pernah melihat sambal botolan cabe merah mirip dengan ini di toko atau supermarket. Sambal ini rasanya asam manis dan pedas tapi tidak sepedas sambal lainnya. Mudah disajikan dengan makanan ringan apa saja. Membuatnya sangat mudah dan bahannya juga mudah didapat (mungkin sudah tersedia di dapur anda). Sambal ini juga tahan lama jika disimpan di kulkas, siap digunakan kapan saja anda memerlukannya. Resep ini hanya sebagai petunjuk saja, rasa asam, manis, pedas dan kekentalannya tergantung selera anda, untuk saya ini sudak cukup enak.
Bahan - Bahan  /  Ingredients

100-125 gr cabe merah, blender kasar
100 - 125 gr red chilli, minced

50 gr bawang putih, cincang halus
50 gr garlic, minced

50 ml cuka atau secukupnya
50 ml vinegar or to taste

40  ml kecap asin
40  ml light soy sauce

1 sdm saus ikan
1 tbsp fish sauce

200 gr gula
200 gr sugar

500 ml air
500 ml water

1 sdm tepung maizena atau kanji
1 tbsp corn starch or tapioca

Garam secukupnya
Salt to taste

Cara membuat / preparation

Larutkan tepung maizena atau kanji dengan 3 sdm air
dissolve corn starch or tapioca flour in 3 tbsp water

Campurkan semua bahan dalam panci, didihkan dengan api sedang, lanjutkan memasak dengan api kecil selama sekurangnya 15 menit. Semakin lama dimasak semakin bagus warna merahnya dan semakin awet.
Mix all ingredients and bring it to a boil in a sauce pan on medium heat, continue cooking and simmer for at least 15 minutes, the longer it simmers the better the colour and keep longer in the fridge.


4 comments:

  1. Luluk..., rasa sambal ini mirip saus cabe Thailand merk A#C itu ga? Penampakan nya mirip sih. Di group kuliner lagi seliweran tuh resep saus sambel seperti ini.... Lagi ngetrend kaya nya....:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku sih memang mirip Rin, cuma rasa asam manis dan pedasnya bisa kita atur sesuai selera, begitu juga dengan kekentalannya. Sambal ini handy kalau ada di kulkas, tahan lama dan bisa digunakan sebagai teman makanan ringan (savoury), tapi kurang sesuai untuk mie, sop dan soto karena rasa asam manisnya.

      Delete
    2. iya , suka buat temen makan risoles, pastel dan makaroni panggang,,,yummy ga bikin enek jadi nya

      Delete
  2. Thanks ya mbak, sdh lama cari resep saos sambal homemade. Rencana mau coba resepnya.

    ReplyDelete