Saturday 24 May 2014

Wisata Kuliner di Singkil Aceh ( Culinary Trip to Singkil, Aceh )


Dua minggu lalu kami berkesempatan mengunjungi Kota Singkil di Aceh. Pertama sekali yang ada di benak adalah kepitingnya yang berukuran jumbo. Kepiting yang besar dapat mencapai 900 gr - 1000 gr. Beberapa kali kami mendapat kiriman kepiting, udang galah yang masih segar dan tentu saja spiny lobster. 

Kami makan siang di Singkil di restoran yang mengapung diatas air laut yang tenang dan bersih. Menu yang disajikan tak lain adalah kepiting jumbo yang direbus dengan bumbu sederhana, tapi karena  kepitingnya segar, rasanya sangat enak dan manis, memang tak perlu bumbu lainnya walaupun disediakan saus cabe homemade yang lumayan enak. Untuk memecahkan cangkang disediakan pemukul dan alas dari kayu, tidak luxurious tapi sangat efektif.


Menu  lainnya adalah udang goreng, ikan kue goreng keduanya tanpa bumbu yang berlebihan tapi rasanya....yesss!!!! tak bisa menjelaskannya dengan kata-kata. Biasanya saya tidak berani makan udang besar lebih dari dua ekor, tapi hari itu tak tertahankan karena rasanya sangat enak. Hidangan lainnya adalah lokan yang sangat khas di daerah ini, bentuknya seperti kepah rasanya seperti kerang. Lokan dimasak rendang.




2 comments:

  1. Rumah makan anak laut yah kak :D salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya...., wah kepiting dan udangnya fresh dan sambalnya spesial jua...., salam kenal

      Delete